Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 16:11 WIB | Jumat, 09 Desember 2016

Langkah Kemendag Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Natal

Langkah Kemendag Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Natal
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Oke Nurwan (kiri) dalam konferensi pers di Kemendag, Jakarta, hari Jumat (9/12). (Foto: Melki Pangaribuan)
Langkah Kemendag Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Natal
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Oke Nurwan.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Perdangan (Kemendag) melakukan sejumlah langkah sebagai antisipasi menghadapi terjadinya kenaikan permintaan barang kebutuhan pokok yang dapat berdampak pada kenaikan harga menjelang Hari Raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan, menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan pihaknya antara lain melakukan pertemuan dengan pelaku usaha barang kebutuhan pokok untuk mengetahui volume ketersediaan stok, pasokan, dan tingkat kecukupan stok untuk konsumsi dan perkembangan harga di tingkat distributor.

“Sebagai antisipasi menghadapi kondisi tersebut, upaya yang dilakukan juga dengan melakukan koordinasi dengan dinas-dinas yang bertanggungjawab di bidang perdagangan seluruh Indonesia untuk mendapatkan laporan mengenai ketersediaan stok pasokan dan perkembangan harga barang kebutuhan pokok serta langkah-langkah dan kesiapan di masing-masing daerah dalam menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2017,” kata Oke Nurwan dalam konferensi pers, hari Jumat (9/12).

Oke mengatakan, Kemendag juga meningkatkan kegiatan pengawasan dan pengendalian bersama instansi terkait terhadap barang yang beredar di pasar guna mengurangi peredaran barang yang kadaluarsa, barang impor selundupan, serta barang yang tidak aman untuk dikonsumsi atau digunakan.

“Kami juga melakukan pemantauan pasar ke daerah-daerah, terutama yang mayoritas masyarakatnya yang merayakan Natal untuk memastikan ketersediaan stok pasokan dan perkembangan harga barang kebutuhan pokok, serta kelancaran distribusi pasokan dari sentra produksi ke pasar,” katanya.

Oke menambahkan, Kemendag juga memfasilitasi pelaksanaan pasar murah oleh dinas perdagangan provinsi terutama di daerah-daerah mayoritas penduduknya merayakan Natal dan terus melakukan pemantauan pergerakan harga dan stok/pasokan barang kebutuhan pokok secara intensif.

“Kami juga terus melakukan pemantauan terhadap berita di media massa untuk mengantisipasi bila terdapat permasalahan terhadap kekurangan stok/pasokan dan gejolak harga barang kebutuhan pokok,” katanya.

 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home