Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Heri Darmanto 16:06 WIB | Jumat, 23 Juli 2021

Lanjutan Akselerasi Kemajuan Catur Dengan Memanfaatkan Teknologi (2)

Catur. (Foto: earlytorise.com)

SATUHARAPAN.COM - Catur merupakan olahraga otak yang membutuhkan skill ilmu catur mumpuni dan kekuatan otak yang prima agar sukses caturnya. Skill Ilmu catur tinggi didapat dari study, belajar ilmu teori catur dari buku-buku catur, web juga dari sekolah/klub catur atau langsung dari pelatih catur private. Kekuatan otak catur yang kuat didapat dari hasil latihan berpikir catur yang intensif sehari-harinya. Kekuatan otak juga dipengaruhi oleh IQ atau kecerdasan, usia dan kondisi fisik mental saat bertanding.

Di jaman milenial ini peran teknologi sangat signifikan untuk mengakselerasi kemajuan catur. Pecatur bisa belajar catur, berlatih catur di mana saja, kapan saja, tidak harus tatap muka dengan pelatih caturnya. Apalagi di masa wabah pandemi covid-19 yang saat ini semakin mewabah sampai pemerintah memberlakukan PPKM Darurat. Tulisan ini adalah lanjutan tulisan sebelumnya yang membahas peran teknologi dalam proses belajar berlatih catur. Di tulisan pertama telah dibahas secara ringkas belajar dan berlatih catur berbantu teknologi baik dengan laptop ataupun HP. Dalam kesempatan kedua kali ini akan dibahas secara lebih rinci lagi proses pelatihan catur ini. 

Belajar Ilmu Teori Catur dari Buku Catur. Buku-buku catur yang bagus sebagian besar adalah dari penerbit luar negeri, utamanya dari Eropa dan Amerika. Buku catur ada yang berupa cetakan, ada juga yang digital berbentuk ebook (PDF, ePub, DJVU, dll) yang bisa dibaca dari Laptop, Tab atau bahkan Smartphone. Situs online AMAZON merupakan situs yang dapat dijadikan rujukan untuk mencari buku-buku catur tersebut. Penerbit buku catur yang terkenal misalnya adalah New In Chess, Everyman Chess, Quality Publishing, Sahovski, Batsford, Thinkers Publishing, dan lain-lainnya. Buku-buku catur yang bagus dan banyak digunakan misalnya:

Buku Catur Opening

Modern Chess Openings, 15th Edition (Terbitan 2008), ini termasuk jenis Buku Opening Umum dalam pengertian satu buku catur membahas hampir semua opening catur secara ringkas. Alternatif buku opening lainnya adalah Small Encyclopedia of Chess Openings terbitan Sahovski, Yugoslavia. Selain itu Nunn's Chess Openings (terbitan Everyman Chess) juga bagus isinya. Selain buku catur opening umum, ada buku catur kategori Opening Khusus yang bermakna satu buku hanya membahas khusus satu varian opening saja, baik dari sudut pandang pemain putih, pemain hitam atau dari sudut kedua pemain. 

Buku opening khusus misalnya buku berjudul Winning with the Najdorf Sicilian: An Uncompromising Repertoire for Black terbitan New In Chess tahun 2013. Dalam buku opening khusus, dibahas secara mendalam sebuah varian opening dengan dijelaskan pemahaman teori di balik opening tersebut seperti strategi dan planning yang biasa dilakukan, taktik yang sering timbul, struktur bidaknya seperti apa, bahkan sampai dibahas contoh ending yang sering terjadi untuk opening tersebut

Bagi pecatur amatir, mungkin buku catur opening umum sudahlah cukup. Namun bagi para pecatur yang serius, para atlet dan apalagi profesional, buku opening khusus adalah keniscayaan harus dipelajari sesuai dengan opening yang digunakan.

Buku Catur Ending

Beberapa buku catur ending yang bagus yang sering dijadikan acuan belajar teori ending adalah 100 Endgames You Must Know: Vital Lessons for Every Chess Player, terbitan New In Chess 2016. Bahasa teori lebih lengkap ditulis oleh coach catur kenamaan dari Russia, Mark Dvoretsky yang menulis Dvoretsky's Endgame Manual 5th, terbitan  tahun 2020 dari penerbit Russell Enterprises.

Selain itu Encyclopedia Chess Ending terbitan Sahovski juga banyak dipakai di kalangan pecatur. Dalam buku catur ending dibahas teori catur ending yang dikelompokkan menurut jenis ending berdasarkan buah apa caturnya di atas papan. Dan ada ratusan puzzle ending catur yang dijadikan latihan ending. 

Buku Catur Taktik

Taktik catur adalah langkah pelaksanaan dari rencana penyerangan dan pertahanan. Tanpa skill catur yang baik, pecatur akan kesulitan mengeksekusi raja lawan, menghukum kesalahan lawan, menang materi, memenangkan game menang, bertahan dari serangan. Buku catur taktik banyak sekali beredar di pasaran.

Beberapa buku taktik catur yang bagus misalnya Chess Tactics from Scratch: Understanding Chess Tactics, terbitan Quality Chess tahun 2012. Lalu ada buku catur taktik berjudul A to Z Chess Tactics: Every Chess Move Explained terbitan Batsford. Untuk kumpulan puzzle taktik catur yang lengkap bisa dipelajari dari Encyclopedia of Chess Combinations 5 terbitan Sahovski.

Buku Catur Kalkulasi dan Decision Making (Pengambilan Keputusan)

Buku catur lainnya yaitu jenis buku kalkulasi dan decision making atau pengambilan keputusan langkah catur. Excelling at Chess Calculation: Capitalizing On Tactical Chances adalah buku catur terkenal yang membahas tentang teori kalkulasi catur yang ditulis oleh pelatih kenamaan dari Eropa GM Jacob Aagaard FST. Buku dari Gambit Publication tampaknya juga menarik dibaca yang berjudul Applying Logic in Chess. Dan buku terkenal ini juga bagus untuk menambah referensi dalam hal belajar teori kalkulasi dan pengambilan keputusan catur: Technical Decision Making in Chess yang ditulis GM Boris Gelfand dan terbit tahun 2021 dari penerbit Quality Chess. 

Buku Catur Strategi

Selain opening, ending, taktik, kalkulasi buku tentang teori strategi catur juga penting untuk dibaca dipelajari. Judul buku Chess Strategy for Club Players: The Road to Positional Advantage disarankan untuk dibaca dipelajari yang diterbitkan oleh New In Chess. Buku latihan catur strategi berjudul Strategic Chess Exercises: Find the Right Way to Outplay Your Opponent penting untuk disimak dan dipelajari. Buku baru Zlotnik's Middlegame Manual: Typical Structures and Strategic Manoeuvres juga sangat bagus isinya dan sayang kalo dilewatkan. 

Buku Catur berbahasa Indonesia

Buku catur berbahasa Indonesia untuk cetakan baru dapat ditemukan di toko-toko buku terkenal di kota anda. Buku catur terjemahan dari buku catur asing cetakan lama bisa didapat dari para pedang kolektor buku yang membuat repro buku tersebut dan menjualnya di penjualan online

Buku catur terjemahan yang bagus misalnya Sendi Dasar Ilmu Bermain Catur dan Strategi dan Taktik Dalam Permainan Catur. Keduanya ditulis oleh Jamil Jamal (Alm). Menerjemahkan tulisan dari Dr. Max Euwe (Alm) yang juga pernah juara dunia catur serta pernah datang ke Indonesia catur di masa penjajahan Belanda. Buku catur pengarang master lokal Indonesia ada Ilmu Perang 64 Petak karya IM Danny Juswanto, lalu 27 Ilmu Catur tulisan IM Taufik Halay, dan pengarang buku catur lokal yang produktif menulis misalnya ada Imam Sucahyo, dan lain-lainnya.

Selain buku catur, ada majalah catur berbahasa Indonesia yang pernah terbit di tanah air seperti Majalah Intisari Catur, Majalah Intelegensia, Majalah MPCI, dan lain-lainnya. Namun sayangnya semua majalah catur ini sudah tidak terbit lagi karena berbagai sebab.

Belajar Ilmu Teori Catur dari artikel Web Catur. Banyak sekali ribuan bahkan jutaan artikel catur yang tersedia di internet. Pencarian artikel catur bisa pakai mesin pencari Google. Web-web catur yang sering memposting berita, artikel dan teori catur misalnya: 

chess.com/articles (Artikel dan Teori Catur)

chessfox.com/updates-list/ (Berisi ratusan artikel dan teori catur)

thechessworld.com/ (Artikel catur dan teori catur yang sering update)

en.chessbase.com/ (Berita Catur, artikel dan teori catur)

en.wikipedia.org/wiki/Chess (Situs Encyclopedia tapi juga lumayan banyak memposting artikel teori berita catur)

chessmood.com/blog (Blog catur yang sangat bagus kontennya khususnya untuk para pecatur yang serius)

Website catur lokal Indonesia di antaranya ada:

pbpercasi.com/p/blog-page_22.html [Website PB Percasi]

scua.id/ [Sekolah Catur Utut Adianto]

komputercatur.com/ [Blog Komputer Catur]

red-white-chess.blogspot.com/ [Red & White] Dan masih banyak lagi web-web catur lainnya.

Belajar Ilmu Teori Catur dari Video Catur di internet seperti Youtube juga bisa dilakukan untuk menyerap ilmu catur. Bisa dipilih video catur berkualitas sebagai bahan belajar catur. Ada ratusan channel catur dengan ribuan konten catur yang bisa ditonton dikonsumsi oleh pecatur. Mensubscribe channel catur yang berkualitas adalah tindakan yang perlu.

Beberapa Channel Youtube belajar catur baik yang dari luar negeri berbahasa Inggris atau yang berbahasa Indonesia, itu sangat banyak di antaranya: 

youtube.com/user/fidechannel [FIDE]

youtube.com/user/wwwChesscom [Channel chess.com]

youtube.com/user/chess24media [Channel chess24]

youtube.com/ChessNetworkTV/videos [Chess Network]

youtube.com/channel/UCIsEhwBMPkRHsEgqYAPQHsA [Chessbase India]

youtube.com/channel/UCr6RfQga70yMM9-nuzAYTsA [Channel Lichess]

youtube.com/user/AGADMATOR [Channel Agadmator]

youtube.com/channel/UCQHX6ViZmPsWiYSFAyS0a3Q [Gothamchess]. Dan lain-lainnya masih banyak lagi.

Sedangkan yang pemain lokal di antaranya ada:

youtube.com/channel/UCc8DN7hdoJCLqbLUSYRs5ng [ChessTalk Indonesia]

youtube.com/channel/UCdgs5f-25a8RFfvVJXOb-Gw [Irene Kharisma Channel]

youtube.com/channel/UCIWTk4klmfQCz8J22114mtg [RL Chess Channel]

youtube.com/channel/UCaAU1E3EXCW2Pyj0sw55caw [Chelsie Monica]

youtube.com/channel/UCgXq3Wvjw4nXJEiFNcdyZng [Narro Chess]

youtube.com/channel/UCKfynIWmrT1d7fsPlozAm1A [Suwaji WN Channel]. Dan lain-lainnya masih banyak lagi.

Pada artikel berikutnya kita akan bahas lebih detil bagaimana berlatih catur berbantu teknologi. Simak dan ikuti terus. Belajar catur dengan bantuan komputer akan lebih cepat pintar. 

MN Heri Darmanto


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home