Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 19:40 WIB | Jumat, 06 Desember 2019

Lapak Pancasila Bagi Pelaku Usaha Kabupaten Bekasi

Kegiatan Gotong Royong membumikan Pancasila bersama pelaku usaha oleh BPIP di Hotel Sahid Lippo Cikarang, Jumat (06/12). (Foto: Antara)

CIKARANG, SATUHARAPAN.COM - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia mengenalkan Lapak Pancasila kepada para pelaku usaha se-Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dalam upayanya membumikan Pancasila di Hotel Sahid Lippo Cikarang, Jumat (6/12).

"Kami ingin membentuk direktori di mana para pelaku usaha di Kabupaten Bekasi ini akan kami masukkan ke dalam Lapak Gotong Royong Pancasila," kata Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama BPIP Elfrida Herawati Siregar.

Dalam acara bertajuk Gotong Royong membumikan Pancasila bersama pelaku usaha itu, BPIP mengajak pelaku usaha untuk menjalin kerja sama mewujudkan dunia usaha Pancasilais, sementara BPIP bertugas menjembatani para pelaku usaha tersebut.

Elfrida mengatakan, melalui Lapak Pancasila para pelaku usaha nantinya dapat saling berkomunikasi, bertukar data, hingga melakukan telekonferensi menjalin hubungan kerja sama Pancasila lewat database BPIP.

"Ini langkah awal untuk melihat di bagian mana BPIP bisa bekerja sama dengan bentuk usaha di Bekasi. Kami ingin berbagai pihak ini bersinergi apapun bentuknya karena Pancasila dapat diterapkan dalam dunia usaha apapun, baik usaha kecil, koperasi, hingga persero," katanya.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Lia Kian mengatakan, untuk mencapai Indonesia yang berdaulat harus sampai pada titik berdikari ekonomi.

Menurut dia, usaha yang Pancasilais tidak lepas dari dimensi tata nilai dan norma di lima sila, tinggal bagaimana ideologi Pancasila ini diimplementasikan dalam sisi ekonomi.

"Dari sisi ke-Tuhanan jangan sampai melanggar nilai ke-Tuhanan. Properti misalnya, jangan terlalu banyak bohongnya, jangan bilang sold out kalau faktanya belum, mungkin itu strategi pemasaran tapi melanggar nilai ketuhanan," ungkapnya.

Ia berpendapat ruh dan semangat gotong royong di koperasi perlu digaungkan kembali untuk mewujudkan keadilan bagi seluruh pelaku usaha.

Pengembangan usaha dilakukan dengan mengajak sebanyak mungkin partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk berusaha dan maju bersama.

"Kita berharap nilai-nilai Pancasila ada dalam setiap sisi usaha, money oriented tapi tetap berjiwa sosial yang berkemanusiaan dan berkeadilan, sehingga terwujud persatuan," katanya. (Ant)

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home