Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 10:26 WIB | Selasa, 23 Februari 2016

Lapan: Gerhana Matahari Total 9 Maret Peristiwa Langka

Ilustrasi: gerhana matahari total yang terjadi pada 13 November 2012 dan dapat dilihat di wilayah utara Australia. (Foto: Romeo Durscher/nasa.gov)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang merupakan fenomena alam menarik, karena merupakan kejadian langka. Dalam kurun waktu satu abad Indonesia merdeka, hanya terjadi 33 gerhana matahari, dan hanya terdapat di beberapa titik wilayah.

Happy Rumiris Simanungkalit, Kepala Subbagian Edukasi Publik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), menjelaskan hal itu di hadapan lebih kurang 100 peserta acara Star Party yang diselenggarakan siswa Al-Taqwa Collage, di Kp Hambalang, Sentul, Citereup, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Happy Simanungkalit menambahkan, lokasi yang nantinya akan mengalami fenomena gerhana matahari total di Indonesia adalah Palembang, Bangka, Belitung, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate, dan Halmahera.

 Ikut berpartisipasi dalam acara yang dibuat dibuat oleh siswa Al-Taqwa Collage itu, Happy Simanungkali mewakili Lapan, seperti dikutip dari situs lapan.go.id, juga memaparkan informasi mengenai Lapan secara umum, tentang tugas dan fungsinya.

Star Party bertema “Dive into The Stars, Engage in Curiosity” tersebut digelar untuk mengeksplorasi dan mengenal astronomi lebih dalam. Kegiatan itu juga untuk memberikan inspirasi kepada pelajar dan masyarakat umum, sehingga dapat lebih maju dalam bidang astronomi. Kegiatan itu juga mengajak peserta untuk dapat mensyukuri ciptaan Tuhan melalui observasi benda-benda langit. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home