Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:49 WIB | Jumat, 13 Januari 2023

Laporan HRW: Ada Gerakan Global Kritis pada Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Laporan HRW: Ada Gerakan Global Kritis pada Pelanggaran Hak Asasi Manusia
Kerabat tentara dari Resimen Azov dan pengunjuk rasa memegang spanduk melawan Rusia di Lviv, Ukraina, pada 18 Agustus 2022. (Foto: dok. AP/Evgeniy Maloletka)
Laporan HRW: Ada Gerakan Global Kritis pada Pelanggaran Hak Asasi Manusia
Dalam foto yangdiperoleh oleh AP di luar Iran, warga Iran memprotes kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun setelah dia ditahan oleh polisi moralitas bulan lalu, di Teheran pada 27 Oktober 2022. (Foto: dok. AP)
Laporan HRW: Ada Gerakan Global Kritis pada Pelanggaran Hak Asasi Manusia
Para pengunjuk rasa memegang kertas kosong dan meneriakkan slogan-slogan saat mereka berbaris memprotes langkah-langkah anti-virus yang ketat di Beijing pada 27 November 2022. (Foto: dok. AP/Ng Han Guan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Penentangan yang meluas terhadap invasi Rusia ke Ukraina menunjukkan kekuatan tanggapan terpadu terhadap pelanggaran hak asasi manusia, dan ada tanda-tanda bahwa kekuasaan sedang bergeser ketika orang-orang turun ke jalan untuk menunjukkan ketidakpuasan mereka di Iran, China, dan tempat lain, sebuah kelompok hak asasi terkemuka mengatakan pada hari Kamis (12/1).

Sebuah “litani krisis hak asasi manusia” muncul pada tahun 2022, tetapi tahun itu juga menghadirkan peluang baru untuk memperkuat perlindungan terhadap pelanggaran, kata Human Rights Watch (HRW) dalam laporan tahunannya tentang kondisi hak asasi manusia di lebih dari 100 negara dan wilayah.

“Setelah bertahun-tahun upaya sedikit demi sedikit dan seringkali upaya setengah hati atas nama warga sipil di bawah ancaman di tempat-tempat termasuk Yaman, Afghanistan, dan Sudan Selatan, mobilisasi dunia di sekitar Ukraina mengingatkan kita akan potensi luar biasa ketika pemerintah menyadari tanggung jawab hak asasi manusia mereka dalam skala global, ” kata penjabat direktur eksekutif kelompok itu, Tirana Hassan, dalam kata pengantar laporan setebal 712 halaman itu.

“Semua pemerintah harus membawa semangat solidaritas yang sama ke banyak krisis hak asasi manusia di seluruh dunia, dan tidak hanya ketika itu sesuai dengan kepentingan mereka,” katanya.

Menyusul invasi Rusia ke Ukraina, sekelompok besar negara memberlakukan sanksi luas sambil menggalang dukungan Kiev, sementara Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan Pengadilan Kriminal Internasional membuka penyelidikan terhadap pelanggaran, kata HRW.

Negara-negara sekarang perlu bertanya pada diri sendiri apa yang mungkin terjadi jika mereka mengambil tindakan seperti itu setelah aneksasi Krimea oleh Rusia pada tahun 2014, atau menerapkan pelajaran di tempat lain seperti Ethiopia, di mana konflik bersenjata selama dua tahun telah berkontribusi pada salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia, kata Hassan.

“Pemerintah dan PBB mengutuk pembunuhan massal, kekerasan seksual yang meluas dan penjarahan, tetapi tidak berbuat banyak,” katanya tentang situasi di Ethiopia, di mana pasukan Tigray menandatangani perjanjian dengan pemerintah akhir tahun lalu dengan harapan dapat mengakhiri konflik.

Situasi di Asia

Organisasi yang berbasis di New York itu menyoroti demonstrasi di Iran yang meletus pada pertengahan September ketika Mahsa Amini meninggal setelah ditangkap oleh polisi moralitas negara karena diduga melanggar aturan ketat berpakaian bagi perempuan di Republik Islam, serta protes di Sri Lanka yang memaksa pemerintah pengunduran diri Presiden Gotabaya Rajapaksa, dan pemilihan demokratis Presiden Luiz Inácio Lula da Silva di Brasil atas sayap kanan Jair Bolsonaro.

“Orang-orang pemberani berkali-kali masih mengambil risiko luar biasa untuk turun ke jalan, bahkan di tempat-tempat seperti Afghanistan dan China, untuk membela hak-hak mereka,” kata direktur HRW Asia, Elaine Pearson, kepada wartawan pada peluncuran laporan tersebut di Jakarta.

Di China, Human Rights Watch mengatakan PBB dan lainnya meningkatkan fokus pada perlakuan terhadap Muslim Uyghur dan Turki di wilayah Xinjiang telah "menempatkan Beijing dalam posisi defensif" secara internasional, sementara protes domestik terhadap strategi "nol-COVID" pemerintah juga termasuk kritik yang lebih luas terhadap pemerintahan Presiden Xi Jinping.

Namun, karena banyak pemerintah Barat berpaling dari China dalam perdagangan ke India, Pearson memperingatkan mereka untuk tidak mengabaikan catatan hak asasi manusia Perdana Menteri Narendra Modi sendiri.

“India, di bawah Perdana Menteri Modi, juga mengalami pelanggaran yang sangat mirip, diskriminasi sistematis terhadap minoritas agama, terutama Muslim, pencekikan perbedaan pendapat politik, penggunaan teknologi untuk menekan kebebasan berekspresi dan memperketat cengkeramannya pada kekuasaan.”

Situasi Timur Tengah

Pada konferensi pers selanjutnya di Beirut, HRW menyoroti krisis ekonomi di Timur Tengah dan Afrika Utara yang berdampak pada kemampuan orang untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka dan, pada gilirannya, memicu keresahan dan kekerasan sosial, terkadang diikuti oleh represi pemerintah.

“Di luar Teluk, hampir setiap negara di kawasan ini menderita semacam tantangan ekonomi besar,” kata Adam Coogle, mengutip krisis mata uang yang berkembang di Mesir dan krisis bahan bakar dan listrik di Lebanon dan Suriah. Di Yordania, kenaikan harga bahan bakar memicu protes yang berubah menjadi kekerasan.

Mendesak ASEAN Tekan Myanmar

Salah satu krisis kemanusiaan terbesar terus terjadi di Myanmar, di mana militer merebut kekuasaan pada Februari 2021 dari pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi dan sejak itu secara brutal menindak perbedaan pendapat. Pimpinan militer telah menahan lebih dari 17.000 tahanan politik sejak saat itu dan membunuh lebih dari 2.700 orang, menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.

Human Rights Watch mengatakan upaya perdamaian oleh tetangga Myanmar di Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) telah gagal, dan bahwa selain melarang para pemimpin militer negara itu dari pertemuan tingkat tinggi, blok tersebut telah "memberikan tekanan minimal pada Myanmar."

Dia mendesak ASEAN untuk terlibat dengan kelompok oposisi di pengasingan dan “meningkatkan tekanan pada Myanmar dengan menyelaraskan upaya internasional untuk memotong pendapatan mata uang asing junta dan pembelian senjata.”

Di Jakarta, Pearson mencatat bahwa satu-satunya solusi yang bertahan lama untuk situasi pengungsi Rohingya adalah meminta pertanggungjawaban pemerintah Myanmar atas penganiayaan mereka, dan memberi Rohingya kemampuan untuk kembali dengan selamat.

“Kebanyakan Rohingya ingin pulang, tetapi mereka menginginkan keamanan, mereka menginginkan perlakuan yang sama, mereka menginginkan tanah mereka kembali, dan mereka ingin para pelaku pembersihan etnis dan tindakan genosida dimintai pertanggungjawaban.”

Keketuaan Indonesia di ASEAN

HRW memilih Indonesia, ketua ASEAN saat ini, sebagai tempat untuk meluncurkan laporannya dengan harapan bahwa Jakarta akan menggunakan kesempatan tersebut untuk mendorong kelompok tersebut meminta pertanggungjawaban Myanmar atas penerapan proses perdamaian lima poinnya, kata Pearson.

“Kami mendesak Indonesia untuk menggunakan keketuaan ASEAN secara efektif untuk menyelesaikan krisis di Myanmar,” katanya. “Tanggapan dunia terhadap invasi Rusia ke Ukraina menunjukkan apa yang mungkin terjadi ketika pemerintah bekerja sama.”

Di dalam negeri, Pearson mengatakan pengakuan Presiden Indonesia, Joko Widodo, pada hari Rabu atas pelanggaran HAM berat di dalam negeri dalam beberapa dekade terakhir dan janji untuk memberi kompensasi kepada para korban adalah “signifikan”, tetapi hanya sebagai langkah pertama.

“Apa yang kita butuhkan sekarang, ke depan, adalah pertanggungjawaban yang tepat bagi para korban pelanggaran tersebut dan komitmen tulus, ke depan, untuk melindungi hak asasi manusia.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home