Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:58 WIB | Jumat, 29 Oktober 2021

Laporan Intelijen: Berat Badan Kim Jong-un Turun 20 Kg

Foto kombinasi dari foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara ini, menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada pertemuan Partai Pekerja di Pyongyang, Korea Utara, pada 8 Februari 2021, kiri, dan 15 Juni 2021. (Foto: dok. AP)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, baru-baru ini kehilangan sekitar 20 kilogram (44 pon) berat badan, tetapi tetap sehat. Dia juga tetap berusaha meningkatkan loyalitas publik kepadanya dalam menghadapi masalah ekonomi yang memburuk, kata badan mata-mata Korea Selatan anggota parlemen hari Kamis (28/10).

Badan Intelijen Nasional (NIS) memberikan penilaian selama briefing parlemen tertutup, mengatakan itu menggunakan teknik kecerdasan buatan, analisis video Kim dengan resolusi super dan metode lain untuk menyelidiki kondisi Kim, kata dua anggota parlemen yang menghadiri sesi tersebut.

Kesehatan Kim telah menjadi fokus perhatian luar yang tajam dalam beberapa bulan terakhir karena ia tampak lebih kurus di foto dan video media pemerintah. Kim, 37 tahun, belum secara terbuka menunjuk penggantinya dan beberapa ahli mengatakan ketidakmampuan mendadak dapat memicu kekacauan di negara miskin bersenjata nuklir itu.

Terlepas dari penampilan Kim yang lebih kurus, pengamat lama Korea Utara mengatakan Kim tidak memiliki masalah kesehatan yang jelas, dan penurunan berat badannya kemungkinan merupakan hasil dari upayanya untuk memperbaiki fisiknya. Mereka mencatat bahwa dia telah melanjutkan kegiatan publiknya yang biasa dan tidak ada perkembangan yang tidak biasa yang terlihat dalam video Korea Utara.

Tapi rumor yang belum dikonfirmasi tentang dia terus muncul, dengan satu tabloid mengklaim bahwa penampilan publik baru-baru ini menggunakan penipu. NIS menolak laporan itu sebagai tidak berdasar, kata anggota parlemen Kim Byung-kee.

Dia mengatakan NIS mengatakan kepada sesi parlemen bahwa berat badan Kim telah turun dari sekitar 140 kilogram (308 pon) menjadi 120 kilogram (264 pon). NIS sebelumnya mengatakan Kim memiliki tinggi sekitar 170 sentimeter (5 kaki, 8 inci).

Dikatakan Kim telah terlibat dalam kegiatan publik selama 70 hari sepanjang tahun ini, meningkat 45% dari periode yang sama tahun lalu.

Anggota parlemen itu mengatakan NIS menemukan bahwa Kim memiliki foto mendiang ayah dan kakeknya, yang memerintah Korea Utara sebelum dia, dikeluarkan dari ruang konferensi Partai Pekerja.

Kimjongunisme

Anggota parlemen lain, Ha Tae-keung, mengutip NIS yang mengatakan Korea Utara telah mulai menggunakan istilah "Kimjongunisme," sebuah ideologi politik yang dinamai Kim Jong Un yang independen dari ideologi yang ada yang dinamai menurut nama ayah dan kakeknya, "Kimjongilisme" dan " Kimilsungisme.”

Setelah sekitar 10 tahun menjabat, Kim berjuang untuk mengatasi apa yang tampaknya menjadi periode terberat dalam pemerintahannya karena kesulitan ekonomi yang diperparah oleh pandemi virus corona.

Menurut NIS, perdagangan tahunan Korea Utara dengan China, sekutu utama dan jalur kehidupan ekonominya, turun dua pertiga menjadi US$ 185 juta hingga September tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kata Ha.

Pejabat Korea Utara sedang berjuang untuk mengatasi lonjakan harga barang dan kekurangan obat-obatan dan persediaan penting lainnya yang telah mempercepat penyebaran penyakit yang ditularkan melalui air seperti demam tifoid.

Negara itu juga tidak dapat mengimpor kertas dan tinta yang digunakan untuk mencetak uang kertas, memaksa pejabat Korea Utara untuk mengeluarkan mata uang sementara, menurut akun Ha tentang pengarahan NIS.

Sementara penurunan perdagangan telah membatasi pasokan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan industri, pejabat Korea Utara mendorong pekerja keras untuk meningkatkan produksi. Operasi pabrik yang berlebihan menyebabkan ledakan di pabrik pupuk utama pada bulanAgustus, kata Ha mengutip NIS.

NIS menguatkan laporan baru-baru ini oleh Organisasi Kesehatan Dunia bahwa Korea Utara mulai melonggarkan pembatasan perbatasan COVID-19 yang keras untuk menerima bantuan dari luar.

Korea Utara belum melaporkan kasus virus corona. Sementara para ahli mempertanyakan klaimnya tentang rekor sempurna, Ha mengatakan NIS belum melihat tanda-tanda wabah COVID-19 yang besar.

Terlepas dari kontrol perbatasan terkait virus yang parah, Korea Utara belum menunjukkan urgensi yang sama untuk vaksin, karena imunisasi massal terus tertunda di tengah kekurangan global.

Ha mengatakan Korea Utara menolak tawaran luar untuk vaksin Rusia dan China. Kim, anggota parlemen, mengatakan NIS telah menentukan bahwa Korea Utara juga belum menunjukkan minat untuk mendapatkan vaksin Pfizer, yang akan membutuhkan negosiasi dengan pembuat obat dari Amerika Serikat.

Analis mengatakan Korea Utara mungkin tidak nyaman dengan persyaratan pemantauan internasional yang akan dilampirkan pada vaksin yang diterimanya dari dunia luar. Ada juga pandangan bahwa Kim Jong Un memiliki motivasi politik dalam negeri untuk memperketat penguncian negara itu saat ia menyerukan persatuan dan mencoba untuk memperkuat cengkeramannya pada kekuasaan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home