Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:47 WIB | Rabu, 05 Agustus 2020

Lebanon Menghadapi Krisis Bahan Bakar dan Listrik

Seorang pengunjuk rasa anti pemerintah menunjuk ke polisi anti huru-hara Lebanon setelah bentrok di luar Kementerian Energi dan Air di Beirut, Lebanon, pada Kamis (21/5/2020). (Foto: dok. AP)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Puluhan pemrotes Lebanon berusaha menyerbu Kementerian Energi pada hari Selasa (4/8), karena marah oleh pemadaman listrik berkepanjangan di negara itu yang bergulat dengan krisis ekonomi yang melumpuhkan.

Pasukan keamanan mendorong kembali para pengunjuk rasa yang marah, mengusir beberapa orang yang melanggar batas pelayanan. Perkelahian terjadi ketika para pemrotes mendorong barikade dan mengatakan mereka berencana untuk melakukan aksi duduk di kementerian.

"Kami datang hari ini dan kami akan tetap tinggal" kata seorang pengunjuk rasa yang tidak disebutkan namanya yang membacakan pernyataan kepada media dikutip AP. Dia menambahkan bahwa mereka akan membebaskan kementerian "dari korupsi... dan manajemen yang membuat negara ini jatuh ke dalam kegelapan."

Krisis ekonomi dan keuangan di Lebanon menjadi ancaman paling signifikan bagi negara itu sejak perang saudara selama 15 tahun yang menghancurkan dan berakhir pada tahun 1990. Pemerintah yang sangat berhutang budi pada negara lain menghadapi inflasi yang tinggi, melonjaknya pengangguran dan kemiskinan, dan diperburuk oleh pandemi virus corona.

Krisis Bahan Bakar dan Pemadaman Listrik

Di tengah krisis, pemadaman listrik berulang memburuk karena pemerintah gagal mengamankan sumber energi esensial. Lebanon sebagian besar bergantung pada bahan bakar yang dikirim dari negara-negara tetangga dan impor diesel untuk generator yang kurang baik sejak akhir perang. Selama beberapa dekade, negara itu berjuang dengan pemadaman listrik dan hutang publik yang besar untuk perusahaan listrik nasional yang mencatat defisit hampir dua miliar dolar AS per tahun.

Penjatahan listrik meningkat sejak Juni, dan menjadi sangat parah sehingga penduduk melaporkan hanya beberapa jam listrik mengalir per hari di beberapa daerah. Penyedia generator mematikan mesin mereka untuk menjatah bahan bakar yang ada dan menaikkan harga karena anjloknya mata uang nasional.

Warga Lebanon beralih ke lampu minyak tanah tradisional dan lilin, sementara rumah sakit memperingatkan stok bahan bakar mereka hampir habis.

Masalah-masalah Lebanon berakar pada kesalahan manajemen dan korupsi selama bertahun-tahun. Protes nasional yang meletus Oktober lalu mereda di tengah pembatasan pandemi virus corona. Tetapi protes terbatas baru-baru ini kembali muncul, terutama sejak pemadaman listrik yang berkepanjangan di musim panas.

"Kami ingin mengirim pesan bahwa kami tidak akan pergi dari sini sampai ada listrik" sepanjang hari, kata Ali Daher, pengunjuk rasa lain. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home