Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:18 WIB | Minggu, 03 Oktober 2021

Libya Gerebeg dan Tahan 4.000 Imigran

Para migran berdoa di dek Geo Barents, kapal penyelamat yang dioperasikan oleh MSF (Doctors Without Borders) di lepas pantai Libya, di jalur Mediterania tengah, pada Rabu, 22 September 2021. (AFoto: dok. AP/Ahmed Hatem)

TRIPOLI, SATUHARAPAN.COM-Tindakan keras besar-besaran di Libya barat telah mengakibatkan sedikitnya 4.000 migran ditahan, termasuk ratusan perempuan dan anak-anak, kata para pejabat hari Sabtu (2/10). PBB mengatakan setidaknya satu migran muda ditembak mati dan 15 lainnya terluka, termasuk dua dalam kondisi serius, dalam tindakan keras itu.

Penggerebekan terjadi hari Jumat di kota Gargaresh sebagai bagian dari apa yang digambarkan pihak berwenang sebagai kampanye keamanan melawan migrasi ilegal dan perdagangan narkoba. Kementerian Dalam Negeri, yang memimpin tindakan keras itu, tidak menyebutkan adanya penyelundup atau penyelundup yang ditangkap.

Para pejabat mengatakan pada hari Jumat bahwa 500 migran ilegal telah ditahan, tetapi pada hari Sabtu melaporkan bahwa jumlahnya telah mencapai 4.000.

Gargaresh, pusat migran dan pengungsi yang terkenal, terletak sekitar 12 kilometer barat Tripoli, ibu kota Libya. Kota ini telah mengalami beberapa gelombang serangan terhadap para migran selama bertahun-tahun, tetapi yang terbaru digambarkan oleh para aktivis sebagai yang paling sengit sejauh ini.

Sejak pemberontakan yang didukung NATO 2011 yang menggulingkan dan membunuh diktator lama Moammar Gadhafi, Libya telah muncul sebagai titik transit dominan bagi para migran yang melarikan diri dari perang dan kemiskinan di Afrika dan Timur Tengah. Mereka berharap untuk kehidupan yang lebih baik di Eropa.

Para penyelundup manusia mendapat keuntungan dari kekacauan di negara kaya minyak itu dan menyelundupkan migran melalui perbatasan panjang negara itu dengan enam negara. Mereka kemudian memasukkan para migran yang putus asa ke dalam perahu karet yang tidak lengkap dalam perjalanan berisiko melalui rute Laut Mediterania Tengah yang berbahaya.

Mereka yang ditahan dikumpulkan di sebuah fasilitas di Tripoli yang disebut Pusat Pengumpulan dan Pengembalian, kata Kolonel Polisi, Nouri al-Grettli, kepala pusat tersebut.

Dia mengatakan para migran telah didistribusikan ke pusat-pusat penahanan di Tripoli dan kota-kota sekitarnya. Fasilitas penahanan Libya adalah tempat yang menyedihkan dan penuh sesak di mana para migran menderita pelecehan dan perlakuan buruk yang parah, menurut aktivis hak asasi manusia.

Seorang pejabat pemerintah mengatakan pihak berwenang akan "mendeportasi sebanyak mungkin" para migran ke negara asal mereka. Dia mengatakan banyak dari mereka yang ditahan telah tinggal secara ilegal di Libya selama bertahun-tahun. Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk memberi pengarahan kepada media.

Tarik Lamloum, seorang aktivis Libya yang bekerja dengan Organisasi Hak Asasi Manusia Belaady, mengatakan penggerebekan itu melibatkan pelanggaran hak asasi manusia terhadap para migran, terutama dalam cara penahanan beberapa perempuan dan anak-anak.

Lamloum mengatakan banyak migran yang ditahan telah terdaftar di badan pengungsi PBB UNHCR, sebagai pengungsi atau pencari suaka.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home