Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:09 WIB | Rabu, 21 September 2016

Lima Juta Warga Somalia Menderita Kelaparan

Pasukan keamanan Somalia mengamankan area terjadinya ledakan bom mobil di Mogadishu pada 9 Mei 2016. (Foto: AFP)

NAIROBI, SATUHARAPAN.COM -  Lima juta warga Somalia, atau lebih dari dua dari lima orang di sana, tidak memiliki makanan yang cukup, kata PBB pada hari Selasa (20/9), menyerukan dana lebih untuk bantuan makanan.

Data terbaru itu merepresentasikan kenaikan 300.000 orang yang kekurangan makanan sejak Februari, kata kantor urusan kemanusiaan PBB, Badan untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (Office for the Coordination of Humanitarian Affairs/OCHA).

“Rekan-rekan organisasi kemanusiaan siap untuk meningkatkan respons guna membantu keluarga yang kesulitan mendapat makanan agar mereka bisa bertahan hidup,” kata Peter De Clercq, Koordinator Kemanusiaan untuk Somalia, dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan satu rencana respons kemanusiaan hanya diberi dana 32 persen dan sumber daya tambahan sangat dibutuhkan untuk mengatasi kekurangan gizi dan akses untuk mendapat makanan.

Sebuah studi dari badan pangan PBB FAO mengatakan lebih dari 1,1 juta orang tidak mampu memenuhi kebutuhan makanan harian mereka, sementara 3,9 juta warga Somalia lainnya membutuhkan bantuan.

Di antaranya adalah 300.000 anak di bawah usia lima tahun yang menderita malnutrisi parah, termasuk lebih dari 50.000 anak penderita malnutrisi akut.

Musim panen dihantam kemarau parah tahun ini akibat fenomena cuaca El Nino, yang terjadi setiap lima sampai tujuh tahun. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home