Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:32 WIB | Sabtu, 14 Maret 2020

LIPI Ditetapkan sebagai Koordinator Tiga Topik Riset Kesehatan

Logo lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). (Foto: Antara/-ipi.go.id)

CIBINONG, SATUHARAPAN.COM – Kesehatan dan obat merupakan isu strategis yang dijadikan Prioritas Riset Nasional (PRN) oleh pemerintah untuk periode lima tahun mendatang.

“LIPI telah ditetapkan sebagai koordinator tiga topik riset kesehatan, yaitu pengembangan insulin, produksi bahan baku obat herbal terstandar dan fitofarmaka, serta pengembangan vaksin rekombinan Human Papilloma Virus,” kata Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko di Cibinong pada Kamis (12/3).

Handoko menjelaskan, LIPI mendapat super flagship yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas mengenai kesehatan dan obat.

“Hal ini tentu sangat membanggakan sekaligus beban dan tanggung jawab, yang akan dipikulkan kepada para peneliti bidang terkait, untuk mewujudkan PRN bidang kesehatan,” kata Handoko.

Ia mengatakan, perlu dilakukan perencanaan teknis oleh berbagai institusi yang terlibat dalam PRN Kesehatan, untuk menghasilkan produk nasional yang dapat menjawab beragam isu strategis bangsa. “Kolaborasi mutlak dilakukan agar percepatan release obat dapat segera terwujud seperti pelaksanaan uji klinis yang dikerjakan oleh pihak industri, dan riset dilakukan oleh peneliti, “ kata Handoko.

Handoko menambahkan, LIPI sudah menerapkan pengelolaan fasilitas pendukung penelitian secara terpusat. “Semua institusi terkait dapat menggunakan fasilitas yang kami miliki, silakan manfaatkan agar sinergi dapat terwujud,” kata Handoko. (lipi.go.id)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home