Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 22:23 WIB | Kamis, 09 November 2017

LIPI Galakkan Budidaya Jamur Pangan di Indonesia

Ilustrasi. LIPI galakkan budidaya jamur pangan di Indonesia. (Foto: lipi.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggalakkan budidaya jamur pangan, agar dapat dikonsumsi secara layak dan luas bagi masyarakat Indonesia. Setidaknya ada enam jenis jamur pangan yang bisa dan boleh dikonsumsi di Indonesia, antara lain jamur merang, jamur kuping, jamur kancing, jamur tiram, jamur shitake, dan jamur lingchi.

"Jamur yang dibudidayakan di Indonesia memiliki nilai gizi yang tinggi bahkan jamur mengandung 19-35 persen protein lebih tinggi dibandingkan beras (7,38 persen) dan gandum (13,2 persen),” kata Iwan Sakiawan, peneliti budidaya jamur pangan Pusat Penelitian Biologi LIPI saat Media Briefing “Budidaya Jamur Pangan di Indonesia” pada Senin (6/11) di Media Center LIPI, Jakarta, yang dilansir situs lipi.go.id.

Menurut Iwan, jamur pangan yang selama ini dikonsumsi adalah tubuh buah dari jamur. Jamur pangan umumnya bersifat saprofit, yakni memperoleh makanan dari sisa-sisa bahan organik.

Dijelaskannya, budidaya jamur sangat berpotensi dikembangkan lebih luas lagi di Indonesia, karena memiliki nilai ekonomi dan ramah lingkungan. “Budidaya jamur sangat ramah lingkungan karena memanfaatkan limbah sebagai media tanamnya yakni limbah kapas, merang, ampas aren dan serbuk gergaji. Bahkan sampahnya bisa dijadikan pupuk,” katanya.

Selain itu, tekstur jamur yang menyerupai daging dan lezat membuat tanaman ini sering menjadi berbagai macam pangan olahan seperti keripik, rendang, sate, abon, bakso dan suplemen. Bahkan, negara lain sudah menggunakan jamur sebagai suplemen atau vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh. “Jamur mengandung zat yang mampu menangkal radikal bebas sehingga bila dikonsumsi secara tepat dapat menjaga daya tahan tubuh,” kata Iwan.

Sulit Dibudidayakan

Di sisi lain, menyoroti soal polemik keripik jamur yang bersifat halusinosik dan termasuk Golongan 1 Narkotika, peneliti taksonomi jamur makro Pusat Penelitian Biologi LIPI, Atik Retnowati mengatakan, bahwa budidaya jamur dengan efek halusinasi tersebut sulit untuk dibudidayakan.

"Jika jamur yang menimbulkan efek halusinasi dijadikan keripik artinya butuh dalam jumlah banyak. Rasanya akan sulit karena jamur 'narkoba' ini sulit dibudidayakan," katanya. Sebab, perkembangan jenis jamur di alam seperti Psilocybe dan Coprinus, dengan kandungan senyawa psilosin yang bersifat halusinosik, dipengaruhi banyak faktor dan itu tidak mudah untuk dibudidayakan.

Ia menambahkan, pernah mencoba mengembangkan dan membudidayakan jamur shitake (jamur pangan), tapi ternyata itu sulit. “Apalagi jenis jamur dengan efek halusinasi atau ‘magic mushroom’, itu tentu juga tidak mudah,” katanya.

Apalagi, kata Atik, jenis Psilocybe cubensis yang diketahui memiliki kandungan psilocybin dan psilocin tinggi belum dilaporkan ada di Indonesia. Sejauh ini, di Asia, hanya ditemukan di India, Thailand, Vietnam dan Kamboja.

Untuk itu, dia katakan bahwa perlu dilakukan penelitian lebih lanjut secara hati-hati terkait keberadaan jamur-jamur bersifat halusinogenik di Indonesia. “Memang tidak mudah melakukannya, sehingga peneliti taksonomi seharusnya bisa melakukan penelitian bersama dengan peneliti fitokimia,” katanya.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home