Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:11 WIB | Kamis, 07 Juli 2022

Lituania Kirim Drone Bayraktar Yang Dibeli dari Crowdfunding untuk Ukraina

Haluk Bayraktar, Duta Besar Ukraina untuk Lithuania, Petro Beshta, dan Menteri Pertahanan Lithuania, Arvydas Anusauskas, menghadiri presentasi drone tempur Bayraktar TB2 yang disumbangkan ke Ukraina, di Pangkalan Udara Siauliai, Lithuania 6 Juli 2022. (Foto: Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Lithuania akan mentransfer drone tempur Bayraktar TB2, yang awalnya dibayar oleh warga Lithuania melalui crowdfunding, ke Ukraina pada hari Rabu (5/7) malam, kata Menteri Pertahanan Lithuania, Arvydas Anusauskas.

Lituania mengumpulkan hampir enam juta euro untuk membeli drone pada bulan Mei, sebagian besar dalam sumbangan kecil, setelah itu pembuatnya dari Turki, Baykar, memutuskan untuk menyumbangkannya sebagai gantinya.

Baykar dan Lithuania sepakat bahwa 1,5 juta euro akan dihabiskan untuk mempersenjatai drone dengan sisa uang crowdfundeduntuk bantuan kemanusiaan untuk Ukraina. Baykar mengirimkan drone ke Lithuania dengan lebih banyak persenjataan, kata Anusauskas.

“Ini tidak akan mengubah jalannya perang. Ini adalah isyarat simbolis dari negara Lituania kepada Ukraina," kata Anusauskas kepada Reuters.

Pada hari Rabu, ribuan orang berkumpul di lapangan terbang militer dekat Siauliai untuk melihat TB2, yang dihiasi dengan logo elang dan warna Lituania dan Ukraina.

“Saya menyumbangkan diri saya sendiri, jadi saya datang untuk melihat hasilnya,” kata Ieva Skeryte, setelah berfoto selfie. "Saya merasa kasihan pada Ukraina dan tidak ingin berada dalam situasi mereka."

Ukraina telah membeli lebih dari 20 drone bersenjata Bayraktar TB2 dari Baykar dalam beberapa tahun terakhir dan memesan 16 lagi pada 27 Januari. Batch itu dikirim pada awal Maret.

"Kami sebagai Baykar memutuskan kami tidak dapat menerima uang orang untuk menjual pesawat kami, tetapi kami membuat keputusan untuk berkontribusi pada solidaritas dengan menyumbangkan yang terbaik yang kami miliki, dan ini adalah wujudnya," kata chief operating officer Baykar, Haluk Bayraktar, kepadaReuters di sela-sela acara.

“Kami sedang mengembangkan teknologi kami ... untuk menjadi mandiri, dan untuk mendukung negara-negara persaudaraan kami. Ukraina sedang berjuang untuk kebebasannya sekarang, itu adalah tugas bagi kami untuk mendukung Ukraina,” tambahnya. “Target kami bukan untuk memaksimalkan pendapatan atau keuntungan kami.”

Baykar mengatakan pekan lalu akan menyumbangkan tiga TB2 ke Ukraina, setelah kampanye crowdfundingdi sana mengumpulkan cukup dana untuk membeli "beberapa."

Ayah Haluk mendirikan perusahaan di Istanbul pada 1980-an. Dia menjalankannya dengan saudaranya Selcuk, yang menikah dengan putri Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Bayraktar mengatakan TB2 sekarang telah diekspor ke lebih dari 22 negara. Pada bulan November, saudaranya mengatakan pengiriman saat itu menuju ke 13 negara.

“Kami sebagai Baykar memproduksi lebih dari 200 (TB2) unit untuk tahun ini. Kapasitas akan meningkat beberapa kali lipat segera. Kami sedang meningkatkan,” kata Bayraktar. “Ini dapat diandalkan, terbukti, dan rasio biaya terhadap kinerjanya, dibandingkan dengan aset lain, sangat menarik.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home