Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:09 WIB | Sabtu, 23 Januari 2021

Lloyd Austin Jadi Menhan Kulit Hitam Pertama AS

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin ,tiba di Pentagon, diikuti oleh Ketua Staf Gabungan, Jenderal Mark Milley, hari Jumat (22/1/2021), di Washington DC. (Foto: AP/Alex Brandon)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Senat Amerika Serikat, hari Jumat (22/1) mengukuhkan Lloyd Austin sebagai menteri pertahanan dalam pemerintahan Joe Biden. Dia menjadi orang kulit hitam pertama di jabatan itu di AS.

Austin adalah pensiunan Jenderal Angkatan Darat, dan Senat mengesahkan konfirmasinya dengan suara 93-2, hal yang luar biasa di antara 100 anggota, jauh lebih banyak dari yang dibutuhkan mayoritas sederhana dan dengan dukungan dua partai.

Bagi Austin untuk jabatan barunya, diperlukan untuk mengabaikan aturan, karena dia belum keluar dari militer setidaknya selama tujuh tahun ke depan, sementara undang-undang menyebutkan kewajiban untuk memastikan kontrol sipil atas angkatan bersenjata.

Presiden Joe Biden menandatangani pengabaian itu menjadi undang-undang, yang memberikan pengecualian untuk pembatasan tersebut.

Tantangan Austin

Senator Jack Reed, ketua Partai Demokrat dari Komite Angkatan Bersenjata Senat, mencatat berbagai tantangan yang dihadapi negara itu, termasuk pandemi virus corona dan persaingan dengan China dan Rusia.

"Jenderal Austin adalah pemimpin yang sangat berkualitas dengan karir yang panjang dan terhormat di militer AS," kata Reed sebelum pemungutan suara. 

"Kami berada dalam masa yang paling terancam," kata Senator James Inhofe, ketua panel angkatan bersenjata Partai Republik, saat dia juga mendesak dukungan untuk calon itu.

Sebuah pernyataan dari Pentagon mengatakan Austin akan menerima briefing intelijen tak lama setelah dilantik. Dia juga diharapkan menerima briefing COVID-19 diikuti dengan pembicaraan telepon dengan Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg.

Dan dalam salah satu pengarahan operasional pertamanya, Austin ditetapkan untuk menerima informasi tentang China dan Timur Tengah.

Austin sebelumnya adalah kepala Komando Pusat AS, yang bertanggung jawab atas Timur Tengah. Dia juga Komandan Hitam pertama dari CENTCOM. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home