Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:02 WIB | Jumat, 19 Oktober 2018

Lomba Vlog Situs Sejarah Islam di Nusantara untuk Generasi Milenial

Ilustrasi. Masjid Menara Kudus, yang dibangun Sunan Kudus pada tahun 1549. (Foto: OKNusantara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Agama mengundang generasi milenial untuk mengikuti lomba video blog (vlog) “Situs Sejarah Islam di Nusantara”. Lomba vlog dapat diikuti oleh masyarakat umum berusia 12-35 tahun ini, dibuka sampai tanggal 31 Oktober 2018.

Lomba yang diselenggarakan Direktorat Penerangan Agama Islam (Penais) Kemenag ini bertujuan agar generasi muda dapat mengetahui lebih banyak tentang situs sejarah Islam di Indonesia. “Apalagi generasi milenial saat ini, lebih suka lihat video daripada hanya tulisan,” tutur Direktur Penais Khoirudin,di Jakarta, Kamis (18/10).

Direktur Penais menjelaskan, lomba dapat diikuti oleh perseorangan maupun kelompok, dengan membuat video berdurasi 2 - 10 menit. “Tiap peserta boleh mengirimkan sampai tiga video yang berisi promosi, imbauan, seruan,dan/atau informasi tentang peninggalan sejarah Islam,” tutur Khoirudin.

“Catatannya, video-video tersebut adalah karya orisinal dari peserta. Bukan plagiat,” Khoirudin menegaskan.

Situs sejarah Islam menjadi objek lomba, karena menurut Khoirudin saat ini situs semakin dilupakan dan diabaikan. “Padahal dari situs ini, masyarakat Indonesia bisa hidup beragama hingga saat ini,” Khoirudin menambahkan.

Untuk lomba ini, panitia telah menyiapkan hadiah senilai total 64 juta rupiah, Rp20 juta untuk pemenang pertama, Rp15 juta untuk pemenang kedua, dan Rp10 juta untuk pemenang keiga. Panitia jugamenyediakan hadiah untuk juara harapan, yakni Rp8 juta (harapan 1), Rp6 juta (harapan 2, dan Rp5 juga untuk harapn 3.

Pengumuman finalis akan dilakukan pada 3 November 2018. “Sementara hadiah rencananya akan diserahkan tanggal 8 November 2018,” kata Khoirudin. (kemenag.go.id

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home