Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:32 WIB | Jumat, 14 Agustus 2015

Los Angeles Gunakan Bola Lindungi Air

Petugas departemen air kota Los Angeles menebarkan bola plastik ke reservoir air untuk mencegah penguapan. (Foto: Ist)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM –  Kota Los Angeles, Amerika Serikat, melakukan langkah brilian dengan menebarkan 96 juta bola warna hitam untuk menutupi waduk dan menghemat dana sampai US$ 300 juta

Bola plastik berwarna hitam ditebar di waduk reservoir air di kota itu, dan diharapkan akan mencegah penguapan air yang sangat berharga bagi kota itu.  Bola-bola itu juga akan melindungi air dari debu, hujan, burung dan bahkan perubahan kimia yang disebabkan oleh matahari.

Menurut laporan media Jerman, Deutsche Welle, kota Los Angeles menebar bola pelindung di reservoir air kota, sehingga menjadi seperti lubang raksasa berisi bola. Biaya yang dikeluarkan sebesar US$ 34,5 juta, sebagai bagian dari rencana melindungi pasokan air kota di tengah-tengah kekeringan yang melanda Kalifornia.

Los Angeles adalah kota pertama di Amerika Serikat yang menggunakan bola plastik berisi air berdiameter 10 Cm. Bola terbuat dari polyethylene itu berongga, dilapisi dengan bahan kimia yang menghalangi sinar ultraviolet dan membantu bola bertahan hingga 25 tahun.

"Ini adalah gabungan rekayasa memenuhi akal sehat. Kami menyelamatkan banyak uang dan melakukan semua hal yang benar," kata kepala departemen air kota, Marcie Edwards.

Walikota Los Angeles, Eric Garcetti, bersama-sama karyawan departemen air kota di Los Angeles melepas 20.000 bola terakhir dalam projek itu pada hari Senin (10/8).

"Bola itu akan menghemat 300 juta galon air yang selama ini menguap setiap tahun," kata Garcetti. "Sementara hal itu harus memenuhi standar minimum, kita ingin lebih dari itu dan memiliki air sehat, sehingga kita menyebarkan bola ini di mana-mana," kata dia.

Menurut dia, pemerintah kota telah berusaha mengurangi penggunaan air hingga 13 persen. Biaya untuk pengadaan bola hitam selama sekitar 10 tahun mencapai US$ 35 juta, namun penghematan bisa mencapai US$ 300 juta.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home