Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 17:31 WIB | Minggu, 08 September 2019

Lulusan Pendidikan Kesetaraan Akan Mendapat Sertifikat Kompetensi

Ilustrasi. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Harris Iskandar. (Foto: Antara/Indriani/aa)

MAKASSAR, SATUHARAPAN.COM  - Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Harris Iskandar mengatakan lulusan pendidikan kesetaraan juga mendapatkan sertifikat kompetensi.

"Lulusan pendidikan kesetaraan seperti paket C, tidak hanya mendapatkan ijazah tetapi juga sertifikat kompetensi," ujar Harris di Makassar, hari Minggu (8/9), seperti dikutip Antara.

Dia menambahkan selama menempuh pendidikan di pendidikan kesetaraan, para siswa akan diberikan keterampilan yang akan menjadi bekal begitu lulus. Sehingga begitu lulus, mendapatkan ijazah yang diakui negara dan juga sertifikat kompetensi yang diakui industri.

Harris menjelaskan, diberikannya pendidikan kompetensi itu dikarenakan saat ini keterampilan membaca, menulis dan berhitung saja tidak cukup.

Menurut dia, ada beberapa keterampilan yang harus dipelajari yakni literasi keuangan, literasi data, literasi digital, literasi kewargaan hingga literasi budaya.

"Saat ini, kita sudah mulai mempersiapkan hal itu baik dengan lokakarya, seminar dan lainnya," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian mengatakan pihaknya mendukung diberikannya pendidikan vokasi pada siswa keseteraan.

Ke depan, Hetifah berharap keterampilan yang diberikan harus disesuaikan dengan kebutuhan zaman.

"Kami di DPR, siap mendukung program pemerintah khususnya dibidang pendidikan kesetaraan ini. Kami akan dukung anggaran untuk itu," lanjut Hetifah. (antaranews.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home