Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:00 WIB | Rabu, 20 Maret 2019

Mahasiswa Brawijaya Buat Produk Serum Herbal Anti Aging

Mahasiswa Fapet Universitas Brawijaya (UB) Malang pencipta Rolly Herbs yang meraih juara pertama dalam kompetisi bisnis plan Al-Amanah Festival 2019 di Universitas Pajajaran baru-baru ini. (Foto: ub.ac.id)

MALANG, SATUHARAPAN.COM – Dewasa ini, permintaan pasar akan kosmetik semakin meningkat termasuk di Indonesia. Menurut data Kementerian Perindustrian tahun 2015 menyatakan bahwa penjualan dari industri kosmetik di Indonesia, mengalami pertumbuhan sebesar 12,9 persen apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu trend kosmetik yang berkembang pesat adalah serum. Yakni produk perawatan wajah yang dapat mencerahkan sekaligus melembabkan wajah, serta mengangkat sel-sel mati, dan membersihkan sisa make up. Namun sayangnya, produk serum wajah yang beredar di pasar Indonesia didominasi oleh produk impor, yang masih mengandung bahan kimia sintetis berbahaya.

Oleh sebab itu kelompok mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) yang beranggotakan Yulianto Adi Perdana (2017), M Andika Yudha Harahap (2016), dan Nandika Sekar G. (2016) membuat Rolly Herbs. Yaitu produk serum herbal yang terbuat dari minyak nabati lokal, royal jelly, dan ekstrak tanaman herbal tropis, antara lain minyak kemiri, minyak jarak, minyak almond, minyak biji anggur, minyak zaitun, dan minyak argan.

Andhika menjelaskan bahwa, royal jelly mengandung vitamin B kompleks, asam amino, dan enzim yang berguna untuk menstimulus wajah, sehingga tampak lebih bersih, sehat dan cerah. Sedangkan pada ekstrak tanaman herbal mengandung antioksidan, anti-aging, dan anti-inflamasi yang bersifat melawan radikal bebas pada wajah. Selain itu, dalam minyak argan memiliki kandungan polifenol dan sterol, yang berpotensi sebagai anti-peradangan dan menjaga kelembaban kulit.

Melalui produk kecantikan ini kelompok yang dibimbing oleh Dr Herly Evanuarini, berhasil menjadi juara pertama dalam kompetisi bisnis plan Al-Amanah Festival 2019. Suatu kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh DKM Al-Amanah Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, pada Minggu  (3/3) – Selasa (5/3). Tujuan kompetisi adalah mendorong para pemuda muslim agar membangun bisnis di sektor pertanian berdasarkan syari’at islam dalam mengikuti era digital seperti sekarang. (ub.ac.id)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home