Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 15:57 WIB | Minggu, 13 November 2016

Mahasiswa Institut Teknologi Indonesia Gelar Peringatan Semanggi I

Mahasiswa Institut Teknologi Indonesia Gelar Peringatan Semanggi I
Aksi bertajuk “Mengenang Tragedi Semanggi, Seribu Bunga untuk Reformasi” digelar dengan membagi-bagikan bunga kepada para pengguna jalan baik kendaraan roda dua maupun empat yang melintas di bawah jembatan Semanggi Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (13/11). Aksi digelar oleh ratusan mahasiswa dan mahasiswi Institut Teknologi Indonesia dalam rangka mengenang Tragedi Semanggi I yang terjadi pada tanggal 11-13 November 1998. (Foto-foto: Dedy Istanto)
Mahasiswa Institut Teknologi Indonesia Gelar Peringatan Semanggi I
Para mahasiswa membawa foto salah satu rekannya yang menjadi korban dalam Tragedi Semanggi 1998 dengan melakukan aksi longmarch dari bawah jembatan Semanggi menuju kampus Universitas Atma Jaya, Jakarta.
Mahasiswa Institut Teknologi Indonesia Gelar Peringatan Semanggi I
Para mahasiswa Institut Teknologi Indonesia menggelar aksi damai menggelar peringatan Semanggi I yang digelar di bawah jembatan Semanggi, Jakarta Selatan dengan membagi-bagikan bunga kepada pengguna jalan.
Mahasiswa Institut Teknologi Indonesia Gelar Peringatan Semanggi I
Para mahasiswa Institut Teknologi Indonesia menggelar aksi damai di bawah jembatan Semanggi dengan membawa atribut spanduk dan juga berorasi dalam rangka mengenang Tragedi Semanggi I yang terjadi pada tahun 1998.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ratusan mahasiswa Institut Teknologi Indonesia menggelar aksi damai di bawah jembatan Semanggi, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, hari Minggu (13/11) dalam rangka mengenang tragedi Semanggi I.

Aksi bertajuk “Mengenang Tragedi Semanggi, Seribu Bunga untuk Reformasi” digelar dengan membagi-bagikan bunga kepada para pengguna jalan baik kendaraan roda dua maupun empat yang melintas di bawah jembatan.

Selain itu para mahasiswa juga melakukan orasi meneriakan tuntutan, salah satunya penegakan hak asasi manusia (HAM) di mana salah satu mahasiswa Atma Jaya ada yang menjadi korban dalam tragedi tersebut. Aksi dilanjutkan dengan melakukan longmarch dari jembatan Semanggi menuju kampus Universitas Atma Jaya yang jaraknya tidak jauh dari lokasi tempat kejadian.

Tragedi Semanggi I yang terjadi pada tanggal 11-13 November 1998 merupakan kejadian aksi protes dari masyarakat dan juga mahasiswa pada masa transisi pemerintah Indonesia yang menyebabkan tewasnya 17 warga sipil.

Tragedi tersebut berlanjut pada Tragedi Semanggi II yang terjadi pada tanggal 24 September 1999 yang menyebabkan 11 warga tewas dan sekitar 217 korban luka-luka.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home