Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 12:05 WIB | Selasa, 28 Februari 2017

Mahasiswa UGM Juara Kompetisi Kalkulus Tingkat Nasional

Tim Universitas Gadjah Mada yang terdiri atas Mu’amar Musa N (Matematika) dan Dhani Natanael (Teknik Elektro) menyabet gelar juara pertama Mathematics ITS Calculus Competition (Mission) yang berlangsung 19 Februari 2017 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. (Foto: ugm.ac.id)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Tim Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih gelar juara di ajang Mathematics ITS Calculus Competition (Mission). Tim yang beranggotakan Mu’amar Musa N (Matematika) dan Dhani Natanael (Teknik Elektro) ini sukses menyabet gelar juara pertama dalam kegiatan yang berlangsung pada 19 Februari 2017 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Mu’amar mengatakan kompetisi Mission diikuti 110 tim dari berbagai perguruan tinggi di lima regional, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, serta Balikpapan. Seluruh tim beradu dalam kompetisi di masing-masing regional dalam babak penyisihan. Selanjutnya, 15 tim terbaik dari seluruh regional diambil untuk maju ke babak final di Surabaya.

“Perjuangan menyabet gelar juara tidaklah mudah karena harus bersaing dengan tim-tim tangguh lain yang tidak sedikit, di antaranya peraih medali di Olimpiade Nasional MIPA (ON-MIPA) dan berkompetisi di olimpiade tingkat internasional,” ia menjelaskan, Senin (27/2).

Dalam babak penyisihan, seluruh tim diminta mengerjakan 40 soal pilihan ganda dan 10 soal isian singkat terkait kalkulus, analisis real, dan analisis kompleks. Selanjutnya, di final mengerjakan dua uraian soal terkait analisis real dan matematika terapan.

“Ada lima tim UGM yang berhasil masuk ke final dan bersyukur salah satunya berhasil menyabet juara,” ia menambahkan.

Mu’amar menyebutkan keberhasilan mereka tidak lepas dari usaha dan latihan secara kontinu selama satu bulan. Delegasi UGM menjalani persiapan dan pelatihan dibantu oleh komunitas ON-MIPA UGM dan Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) dan dukungan dari Direktorat Kemahasiswaan UGM.

“Bangga bisa menyumbangkan prestasi dan semoga ke depan bisa berkontribusi lebih banyak lagi dalam mengharumkan nama UGM di berbagai kompetisi,” katanya. (PR/ugm.ac.id)

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home