Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:27 WIB | Kamis, 02 Agustus 2018

Mahkota dan Perhiasan Kerajaan Swedia Dicuri dari Katedral Strangnas

Ilustrasi. Mahkota milik istri Raja Charles IX, Christina, termasuk yang dicuri. (Foto: dw.com)

SWEDIA, SATUHARAPAN.COM – Dua pencuri berhasil membawa kabur mahkota dan bola simbol otoritas Kerajaan Swedia, setelah membobol Katedral Strangnas, tempat benda berharga itu selama ini disimpan. Aksi nekat ini terjadi pada siang hari.

Pencurian terjadi Selasa (31/7) sekitar jam makan siang, ketika katedral abad ke-13 ini dibuka bagi pengunjung, media setempat melaporkan.

Dua orang laki-laki datang dan menghancurkan kotak pelindung tempat perhiasan disimpan, mengambil benda-benda curian, lantas melarikan diri ke tepi Danau Malaren dengan menaiki perahu motor.

"Saya melihat perahu putih kecil, ada orang-orang melompat ke kapal dan melaju pergi," kata seorang saksi mata kepada harian Swedia, Aftonbladet.

Barang-barang yang dicuri termasuk mahkota untuk pemakaman Raja Charles IX, dan bola simbol kekuasaan yang dibuat untuknya. Charles IX berkuasa di Swedia pada abad ke-17. Selain itu, mahkota milik istrinya, Christina, juga turut dibawa kabur.

Charles IX dan Christina, dimakamkan di katedral yang terletak sekitar 58 kilometer di sebelah barat ibu kota Stockholm ini.

Maria Ellior dari Departemen Operasi Nasional Kepolisian Swedia mengatakan pada Rabu (1/8) kalau barang-barang itu "tidak mungkin bisa dijual."

Tersangka Masih Diburu

Dalam sebuah pernyataan pers, polisi mengatakan, mereka melakukan perburuan melalui jalur darat, laut, dan udara tetapi belum mampu menangkap para perampok hingga malam hari.

Juru bicara polisi Thomas Agnevik, berusaha untuk tidak menggambarkan mereka sebagai pencuri profesional. Ia mengatakan kemungkinan mereka meninggalkan jejak di tempat kejadian.

Pemimpin gereja, Christofer Lundgren, mengatakan kepada surat kabar Sydsvenskan, kalau barang-barang itu diasuransikan, tetapi nilai budayanya itu lebih besar bila dibandingkan dengan nilai materinya.

"Ini adalah barang-barang yang benar-benar unik, terkenal ... di Swedia dan bahkan mungkin di dunia," katanya. (dw.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home