Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Lisa Karlina Lumongdong 07:44 WIB | Jumat, 30 April 2021

Main Catur Yuuukkk

Permainan catur. (Foto: Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Catur merupakan salah satu permainan strategi tertua di dunia. Permainan beradu ide atau gagasan ini sekalipun terkandung ilmu yang dalam dan luas, sebenarnya merupakan permainan yang cukup mudah dipelajari oleh segala usia.

Selain itu catur dapat dimainkan di mana saja, baik di ruangan tertutup atau terbuka, dan tidak membutuhkan area yang luas. Perlengkapan catur juga sangat mudah di dapat, sehingga tidak mengherankan bila banyak dijumpai di berbagai tempat baik anak-anak kecil sampai orang dewasa bahkan orang berusia lanjut pun yang melakukan permainan catur ini. 

Permainan catur itu sendiri dimainkan oleh dua orang pemain. Papan catur diletakkan sedemikian rupa di antara kedua pemain, sehingga petak sudut sebelah kanan kedua pemain berwarna putih. Setiap pemain memiliki total 16 buah catur dengan jumlah dan nama masing-masing adalah satu buah raja, satu buah menteri, dua buah benteng, dua buah gajah, dua buah kuda dan delapan buah bidak. 

Susunan dan jumlah masing-masing buah catur tersebut dapat dilihat pada diagram di bawah ini.

Pembukaan catur - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cara melangkahkan buah catur adalah sebagai berikut : 

  • Raja bergerak satu petak secara vertikal, horizontal atau diagonal

 

  • Menteri bergerak ke petak mana pun secara vertikal, horizontal atau diagonal.

 

  • Benteng bergerak ke petak mana pun secara vertikal atau horizontal.

 

  • Gajah bergerak ke petak mana pun secara diagonal. 

 

  • Kuda bergerak dua petak ke satu arah vertikal lalu satu petak ke arah horizontal atau satu petak ke arah vertikal dan dua petak ke arah horizontal.


 

  • Bidak bergerak satu petak ke depan atau dua petak pada gerakan pertama dari posisinya. Sementara untuk melakukan pemukulan terhadap buah catur lawan bergerak secara diagonal satu petak ke depan

Untuk dapat bermain catur dengan baik, tentu saja banyak hal yang harus dipelajari, mulai dari tahap pembukaan atau awal permainan, lalu pertengahan bahkan sampai di permainan akhir. Di setiap tahap tersebut memiliki karakteristik strategi masing-masing. Seorang yang ingin menjadi maestro di permainan ini harus memperdalam seluruh tahapan itu. Demikian sekilas tentang permainan catur. 

Berikut ini kuis catur dengan model permainan  “WORD SEARCH” atau mencari kata. 

Ada hadiah menarik dari SCUA


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home