Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:31 WIB | Selasa, 21 Mei 2019

Majelis Rektor PTN Indonesia Serukan Pelihara dan Jaga Persatuan Bangsa

Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) menyampaikan tujuh pernyataan sikap dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, sekaligus menyikapi suasana bangsa dan perpolitikan yang tengah berjalan saat ini. (Foto: .unpad.ac.id)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) menyampaikan tujuh pernyataan sikap dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, sekaligus menyikapi suasana bangsa dan perpolitikan yang tengah berjalan saat ini.

Pernyataan sikap pemimpin Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia itu dibacakan oleh Ketua Umum MRPTNI, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi, di kampus ITB, pada Senin (20/5). Pembacaan didampingi sejumlah pengurus dan anggota MRPTNI.

Berikut adalah tujuh poin pernyataan sikap MRPTNI tersebut:

1. Seluruh tujuan luhur negara Indonesia tersebut hanya bisa diwujudkan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kuat dan utuh.

2. Kebangkitan Bangsa Indonesia untuk mewujudkan masa depan yang makmur, berkemajuan, berkeadilan, berdaulat dan bermartabat, hanya dapat dicapai melalui terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi semangat persaudaraan di antara seluruh elemen bangsa.

3. Segala bentuk perbedaan pendapat maupun sikap politik tetap dalam koridor Negara Hukum berdasarkan Pancasila dan Konstitusi Negara Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.  Kita harus menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

5.  Masa depan Bangsa Indonesia yang lebih makmur, berkemajuan, berkeadilan, berdaulat dan bermartabat hanya dapat diwujudkan melalui penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.

6.  Penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya sebagai prasyarat bagi terwujudnya masa depan Bangsa Indonesia yang lebih baik tersebut hanya dapat diakselerasi dalam suasana kebangsaan yang penuh kerukunan dan kedamaian.

7.  Oleh karena itu, kami Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, mengimbau seluruh elemen Bangsa Indonesia untuk senantiasa mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan Bangsa; menghormati perjuangan serta pengorbanan jiwa raga para pahlawan bangsa dan menjunjung tinggi amanat para pahlawan bangsa yang telah mewujudkan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, serta memberkahi Bangsa Indonesia dengan semangat kerukunan dan persaudaraan sebagai modal dasar untuk meraih masa depan Bangsa yang adil, makmur, damai dan sejahtera. (PR)

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home