Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 07:32 WIB | Sabtu, 16 Juli 2022

Malawi Pindahkan Ratusan Gajah ke Taman Nasional Yang Lebih Luas

Malawi Pindahkan Ratusan Gajah ke Taman Nasional Yang Lebih Luas
Seekor gajah diangkat ke dalam kendaraan pengangkut di Taman Nasional Liwonde Malawi selatan, Minggu, 10 Juli 2022. Satu per satu, 250 gajah dipindahkan dari Taman Nasional Liwonde Malawi yang penuh sesak ke taman Kasungu yang jauh lebih besar, 380 kilometer (236 mil) jauhnya di utara negara itu. (Foto-foto: AP/Thoko Chikondi)
Malawi Pindahkan Ratusan Gajah ke Taman Nasional Yang Lebih Luas
Gajah-gajah dipersiapkan untuk diangkut ke dalam kendaraan pengangkut di Taman Nasional Liwonde Malawi selatan, Minggu, 10 Juli 2022.

MALAWI, SATUHAR4APAN.COM- Seekor bayi gajah yang telah ditenangkan diangkat ke udara dan dengan lembut dimasukkan ke dalam truk besar yang akan membawanya ke rumah baru.

Satu per satu, 250 gajah dipindahkan dari Taman Nasional Liwonde, Malawi yang penuh sesak ke taman Kasungu yang jauh lebih besar yang berjarak 380 kilometer (236 mil) di utara negara itu.

Gajah dilacak di taman dan anak panah b ius ditembakkan untuk menenangkan mereka. Saat tertidur mereka dipindahkan ke truk besar yang membawa mereka ke taman Kusungu.

Sejauh ini setidaknya 40 gajah telah dipindahkan dan sisanya akan diangkut pada akhir bulan dengan total biaya sekitar US$1,5 juta hingga US$2 juta, menurut pejabat. Selain itu, sekitar 405 satwa liar lainnya, termasuk kerbau, impala, musang, babi hutan, dan waterbuck akan dipindahkan ke Kasungu.

Seluruh proses ini merupakan kerja sama antara Departemen Taman Nasional dan Margasatwa Malawi, Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan dan Taman Afrika.

“Ini akan membangun populasi gajah yang layak, dan memastikan kemakmuran masyarakat lokal yang tinggal di sekitar taman. Ini juga akan mengurangi tekanan habitat dan mengurangi konflik manusia dengan satwa liar,” kata perwakilan Taman Afrika di Malawi, Sam Kamoto.

African Parks adalah organisasi nirlaba yang mengelola dan merehabilitasi taman nasional dalam kemitraan dengan pemerintah dan masyarakat lokal. Kelompok ini saat ini mengelola 20 taman nasional dan kawasan lindung di 11 negara Afrika, termasuk Malawi.

Sejak 2015 Taman Nasional Liwonde dikelola oleh Taman Afrika yang menemukan bahwa lebih dari 600 gajahnya mengancam vegetasi dan keanekaragaman hayati taman.

Dataran banjir, laguna, dan hutan Liwonde seluas 548 kilometer persegi (211 mil persegi) mendukung lebih dari 400 spesies burung dan banyak mamalia. Tetapi gajah-gajahnya, yang berkembang biak dengan kecepatan 10% per tahun, dapat segera membanjiri taman, kata para ahli.

Sebaliknya, Taman Nasional Kasungu berukuran sekitar empat kali lebih besar dengan luas 2.100 kilometer persegi (810 mil persegi) tetapi memiliki satwa liar yang jauh lebih sedikit. Kasungu pernah memiliki sekitar 1.200 gajah tetapi perburuan selama bertahun-tahun mengurangi jumlahnya menjadi sekitar 49 pada tahun 2015, kata pejabat taman.

Sejak itu taman nasional Malawi dan kelompok internasional, termasuk Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat, bekerja sama untuk meningkatkan perlindungan bagi gajah dan populasi gajah taman Kasungu telah berkembang menjadi sekitar 120. Pengenalan 250 gajah dari Liwonde akan meningkatkan kelangsungan hidup populasi di Kasungu, kata dia.

“Translokasi gajah dan satwa liar lainnya merupakan pencapaian yang signifikan dan membuktikan pendekatan taman nasional untuk bekerja sama dengan mitra untuk mengamankan sumber daya alamnya adalah tepat,” kata Patricio Ndadzela, perwakilan dari Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan di Malawi.

Pagar anti gajah sepanjang 40 kilometer (25 mil) telah dibangun di sepanjang batas timur taman Kasungu untuk mencegah gajah tersesat ke lahan pertanian dan akan mencegah konflik antara masyarakat dan gajah, kata Ndadzela.

Mengembalikan populasi gajah Kasungu akan meningkatkan daya tariknya sebagai tujuan wisata dan pada gilirannya meningkatkan ekonomi lokal, katanya.

Ini bukan pertama kalinya sejumlah besar gajah dipindahkan dari satu taman ke taman lain di Malawi. Pada tahun 2016, Taman Afrika merelokasi 520 gajah ke Suaka Margasatwa Nkhotakota. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home