Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 09:01 WIB | Jumat, 15 April 2016

Mantan Anggota: Tujuan Gafatar dan NII Sama

Ketua YLBHI Alfon Kurnia Palma (tengah) saat memberikan keterangan kepada awak media untuk memfasilitasi perwakilan mantan anggota dan ketua Gafatar yang telah menyatakan sikap keberatan atas tindakan pengusiran yang terjadi di Kalimantan.(Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

TANJUNGPIANG, SATUHARAPAN.COM –Tujuan perjuangan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dan Negara Islam Indonesia (NII) sama yaitu mengganti dasar negara Pancasila dengan syariat Islam, kata Sarwan,i mantan anggota NII.

"Gafatar dengan NII itu satu ideologi. Bungkusnya saja yang berbeda, isinya sama," kata Sarwani di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, hari Kamis (14/4).

Sarwani mengatakan, kedua organisasi itu sama-sama radikal dalam memperjuangkan ideologi dan penerapan syariat Islam.

Ia berpendapat, radikalisme kedua organisasi itu melanggar ajaran Islam dan ketentuan hukum negara.

Sarwani mengatakan, pola pergerakan pengikut NII dan Gafatar berbeda.

Pengikut NII melakukan dengan cara merekrut melalui pendekatan dan doktrin. Sedangkan pergerakan Gafatar, organisasi yang kini bernama Negara Karunia Semesta Alam melalui kegiatan sosial sehingga masyarakat tertarik.

Pengikut Gafatar melakukan kegiatan secara diam-diam, dan berpindah-pindah. Kemudian memberi doktrin kepada pengikut baru.

"Kalau pengikut Gafatar sudah banyak, mereka akan melakukan gerakan secara terang-terangan," katanya.

Sarwani mengatakan pengajian yang dilakukan pengikut NII dan Gafatar, tertutup. Mereka cenderung melakukan pengajian di rumah kontrakan.

"Pengikut baru dan lama melakukan pengajian di dalam rumah, sandal mereka dimasukkan ke rumah. Satu pengikut berjaga-jaga di luar rumah," kata dia.

Menurut dia, cara yang efektif untuk menolak ajaran tersebut yakni memperkuat rasa nasionalisme dan mempelajari agama secara baik dan benar.

"Tolak pengajian tertutup," katanya. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home