Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 04:58 WIB | Selasa, 04 Maret 2014

Mantan Menlu Ceko Sebut Putin Mirip Hitler

Karel Schwarzenberg. (Foto: telegraph.co.uk)

WINA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin mengulang sejarah dengan tindakannya di Crimea mirip dengan yang dilakukan Adolf Hitler di Eropa tengah dan timur pada akhir 1930-an, kata seorang mantan menteri luar negeri Ceko dalam sebuah wawancara pada Senin (3/3).

“Apa yang terjadi di Ukraina merupakan sejarah yang berulang,” ucap Karel Schwarzenberg dalam sebuah wawancara dengan harian Austria Osterreich.

“Putin bertindak mirip dengan prinsip serupa yang dijalankan Adolf Hitler” dalam invasinya ke Austria, Cekoslovakia dan Polandia pada 1938 dan 1939, ujarnya.

Putin meminta parlemen Rusia pada Sabtu untuk mengizinkannya agar mengirim tentara ke Ukraina guna melindungi etnis Rusia di Crimea dan tempat lainnya di wilayah tenggara bekas negara Soviet itu, yang memiliki ikatan sejarah dan budaya dengan Moskow.

“Karena dia ingin menginvasi Crimea, dia membutuhkan dalih dan mengatakan teman sebangsanya ditindas,” ujar Schwarzenberg yang berusia 76 tahun, sambil menambahkan bahwa etnis Rusia di Crimea, di mana mereka merupakan mayoritas, tidak mengalami diskriminasi apa pun.

“Saat Hitler ingin menganeksasi Austria, dia mengatakan bahwa etnis Jerman ditindas,” ujarnya.

Eropa harus “secara jelas mengatakan kepadanya bahwa hal itu merupakan pelanggaran hukum yang tidak akan disahkan,” ujar Schwarzenberg, yang pernah menjabat sebagai menteri luar negeri Ceko pada 2007-2009 dan 2010-2013. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home