Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:41 WIB | Sabtu, 28 Agustus 2021

Mantan Menteri Afghanistan Jadi Kurir Bersepeda di Jerman

Mantan Menteri Komunikasi Afghanistan, Sayed Sadaat, duduk dengan perlengkapannya saat bekerja untuk layanan pengiriman makanan Lieferando di Leipzig, Jerman, hari Kamis, 26 Agustus 2021. (Foto: Reuters)

LEIPZIG, SATUHARAPAN.COM-Sayed Sadaat pernah menjadi menteri komunikasi di pemerintahan Afghanistan sebelum pindah ke Jerman September lalu dengan harapan masa depan yang lebih baik. Sekarang dia adalah seorang pengantar (kurir) barang di kota timur Leipzig.

Dia mengatakan beberapa orang di rumah mengkritiknya karena mengambil pekerjaan seperti itu setelah bertugas di pemerintahan selama dua tahun, meninggalkan kantor pada 2018. Tetapi baginya sekarang, pekerjaan adalah pekerjaan.

“Saya tidak perlu merasa bersalah,” kata pria berusia 49 tahun itu, berdiri dengan seragam oranye di samping sepedanya, yang digunakan untuk mengantar barang.

“Saya berharap politisi lain juga mengikuti jalan yang sama, bekerja dengan publik daripada hanya bersembunyi.”

Kisahnya menjadi terkenal dengan kekacauan yang terjadi di dalam negeri Afghanistan setelah pengambilalihan Taliban. Keluarga dan teman-temannya juga ingin pergi, berharap bergabung dengan ribuan orang lainnya dalam penerbangan evakuasi atau mencoba mencari rute lain.

Dengan penarikan pasukan AS, jumlah pencari suaka Afghanistan di Jerman telah meningkat sejak awal tahun, melonjak lebih dari 130%, data dari Kantor Federal untuk Migrasi dan Pengungsi menunjukkan.

Namun dengan latar belakangnya, Saadat kesulitan mencari pekerjaan di Jerman yang sesuai dengan pengalamannya. Dengan gelar di bidang IT dan telekomunikasi, Saadat berharap dapat menemukan pekerjaan di bidang terkait. Tapi tanpa Jerman, peluangnya tipis.

“Bahasa adalah bagian terpenting,” kata Sadaat, yang juga memegang kewarganegaraan Inggris.

Setiap hari dia mengerjakan empat jam tugas bahasa Jerman di sekolah bahasa sebelum memulai shift malam enam jam mengantarkan makanan untuk Lieferando, di mana dia memulai musim panas ini.

“Beberapa hari pertama menyenangkan, tetapi sulit,” katanya, menggambarkan tantangan belajar bersepeda di lalu lintas kota. “Semakin Anda pergi keluar dan semakin banyak Anda melihat orang, semakin banyak Anda belajar,” katanya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home