Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:28 WIB | Senin, 22 Agustus 2016

Mantan Pastor Ditangkap Terkait Pelecehan Anak

Laurence Soper. (Foto: mirror.co.uk)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Seorang mantan pastor Inggris yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak ditangkap di Bandara Luton London, hari Minggu (21/8), lima tahun setelah dia buron.

Laurence Soper sejak 2011 melarikan diri memanfaatkan jaminan hukuman saat dituduh melakukan pelecehan seks pada anak di Sekolah St Benediktus di Ealing, London barat.

Soper, kepala biara Ealing Abbey di London barat 1991-2000, ditangkap pada bulan September 2010 setelah seorang pria berusia berusia 40-an membuat pengaduan ke polisi.

Dia ditangkap hari Minggu setelah dia tiba kembali ke Inggris dari Kosovo, kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Soper (72) ditahan di London dan dituduh atas sembilan dakwaan pelecehan seksual yang dilakukan pada sekitar 1972 sampai 1986.

Penangkapannya merampungkan sengketa hukum antara Inggris dan Kosovo, tempat Soper ditangkap pada Mei atas surat perintah penahanan Eropa yang dikeluarkan Inggris.

Kepolisian di Kosovo mengatakan pada saat itu dia dikenal sebagai “Bapa Laurence” dan menyebutkan nama lengkapnya sebagai Andrew Charles Kingston Soper.

Sebelumnya pada bulan ini sebuah pengadilan Kosovo untuk kedua kalinya menolak mengekstradisi Soper, memutuskan bahwa dia tidak bisa diekstradisi karena batas waktu untuk menuntut dugaan tindak pidana tersebut sudah terlewat. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home