Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 03:54 WIB | Kamis, 15 Desember 2022

Mantan Pemain Basket Palestina Jadi Sinterklas di Yerusalem

Mantan Pemain Basket Palestina Jadi Sinterklas di Yerusalem
Issa Kassissieh, berpakaian seperti Sinterklas, berpose saat menunggang unta di Gerbang Jaffa di Kota Tua Yerusalem pada 2 Desember 2022 (Foto-foto: Ahmad Gharabgli/AFP)
Mantan Pemain Basket Palestina Jadi Sinterklas di Yerusalem
Issa Kassissieh, berpakaian seperti Sinterklas, berpose untuk foto di lantai rumahnya yang diubah menjadi Rumah Sinterklas, di Kota Tua Yerusalem pada 1 Desember 2022.
Mantan Pemain Basket Palestina Jadi Sinterklas di Yerusalem
Sebuah toko di Kota Tua Yerusalem menjual barang-barang dekoratif untuk Natal, pada 30 November 2022.
Mantan Pemain Basket Palestina Jadi Sinterklas di Yerusalem
Issa Kassissieh, berpakaian seperti Sinterklas, berpose untuk foto di lantai rumahnya yang diubah menjadi Rumah Sinterklas, di Kota Tua Yerusalem pada 1 Desember 2022.

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Di Kota Tua Yerusalem ada lusinan gereja, tetapi menjelang Natal hanya ada satu Sinterklas. Dia adalah mantan pemain bola basket Palestina yang berbadan tinggi.

Setiap bulan Desember, jalanan berkilau hijau dan merah saat para peziarah Kristen dan lainnya tiba untuk merayakan Natal.

Tujuh tahun lalu, seorang penduduk, Issa Kassissieh namanya, mengubah lantai dasar rumahnya yang berusia 700 tahun menjadi sebuah gua, lengkap dengan permen, anggur, dan kesempatan untuk duduk di pangkuan Sinterklas.

Menyambut pengunjung pertama musim ini ke Santa House, Kassissieh yang berjas merah dan berjenggot mengucapkan "Ho, ho, ho!" pada keluarga yang mengantri untuk menemuinya.

“Kami berurusan dengan banyak agama di sini di Yerusalem. Kami memiliki Muslim, Kristen dan Yahudi. Saya minta semua agama datang ke rumah saya. Saya membuka tangan saya untuk semua orang,” kata Kassissieh, yang juga seorang Kristen.

Di antara para pengunjung adalah sekelompok turis Israel, serta dua pendeta yang memberkati pembukaan dengan doa dalam bahasa Arab dan bahasa Aram kuno, bahasa yang digunakan Yesus. Dengan tinggi 1,9 meter (enam kaki tiga inci), tinggi badan Kassissieh sangat membantunya sebagai kapten regu bola basket Palestina.

“Saya bukan orang Kristen, tapi saya masih mencintai Sinterklas… Kami juga punya pohon (Natal) di rumah,” kata Marwa, delapan tahun, seorang Muslim Palestina, kepada AFP sambil menyeringai.

Pengunjung dari seluruh dunia juga berbaris untuk duduk di pangkuan Sinterklas, dan untuk mengetahui apakah mereka termasuk dalam daftar anak nakal atau baik.

Alison Pargiter, dari Amerika Serikat, menunggu bersama anak-anaknya. “Penting bagi anak-anak kami untuk bersenang-senang, tetapi kami juga ingin mereka mengetahui kisah nyata di balik Natal,” kata pria berusia 52 tahun itu.

Sementara Yerusalem adalah rumah bagi Gereja Makam Suci, yang diyakini orang Kristen berisi makam Yesus, kisah Kelahiran Yesus terjadi di dekat Bethlehem, menurut umat beriman. Namun di Santa House, Kassissieh mengatakan pengunjung mudanya memiliki perhatian yang lebih modern.

“Setiap anak meminta iPhone kepada saya,” dia terkekeh. “Saya tidak pernah menjanjikan apa pun, tetapi saya berkata: ‘Mari berdoa, dan jika Anda termasuk dalam daftar saya yang baik, Anda akan mendapatkannya.'”

Studi tentang Sinterklas

Sebagai seorang anak, ayah Kassissieh akan berdandan seperti Sinterklas untuknya dan kedua saudara perempuannya. Lima belas tahun yang lalu, dia menemukan setelan ayahnya dan memutuskan untuk masuk ke peran dengan pakaian beludru merah.

Tapi itu melibatkan lebih dari sekadar mengenakan jas. Sejak itu, dia menghadiri Kongres Sinterklas Sedunia di Denmark dan belajar di sekolah Sinterklas, ya, ada yang seperti itu, di negara bagian Colorado, Amerika Serikat.

Kassissieh menunjukkan sertifikat dari pusat pembelajaran Sinterklas lainnya, Sekolah Sinterklas Charles W. Howard, dan mengatakan pelatihannya menjadikannya satu-satunya Sinterklas terakreditasi di Yerusalem.

Berbasis di Michigan, sekolah Howard menelusuri pendiriannya hingga tahun 1937, menjadikannya sekolah terlama di dunia.

Dalam perannya, Kassissieh sangat menyadari kepekaan di Yerusalem. Selain pentingnya bagi orang Kristen, Kota Tua adalah rumah bagi situs yang dihormati oleh orang Yahudi dan Muslim. Selama beberapa dekade itu telah menjadi titik fokus konflik Israel-Palestina.

“Sungguh istimewa memberikan pesan cinta dan perdamaian dari Yerusalem, itu adalah jantung dunia,” katanya kepada AFP di guanya. “Saat kita memiliki kedamaian di Yerusalem, kita akan memiliki kedamaian di dunia,” tambah Kassissieh, yang secara sadar menghindari politik.

Bagi penduduk asli Yerusalem, rahasia menjadi Sinterklas yang baik itu sederhana. Itu “selalu, untuk memiliki jawaban atas pertanyaan anak-anak,” katanya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home