Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:29 WIB | Selasa, 07 Februari 2023

Mantan PM Israel Sebut Putin Tidak Ingin Membunuh Zelenskyy

Pejabat Ukraina menanggapi bahwa Putin ahli dalam berbohong.
Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett.(Foto: dok. AP/Tsafrir Abayov)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM - Mantan perdana menteri Israel yang bertugas sebentar sebagai mediator pada awal perang Rusia dengan Ukraina mengatakan dia mendapat janji dari Presiden Rusia untuk tidak membunuh Presiden Ukraina.

Mantan Perdana Menteri, Naftali Bennett, muncul sebagai perantara yang tidak terduga dalam beberapa pekan pertama perang, menjadi salah satu dari sedikit pemimpin Barat yang bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, selama perang dalam perjalanan singkat ke Moskow Maret tahun lalu.

Sementara upaya mediasi Bennett tampaknya tidak banyak membantu untuk mengakhiri pertumpahan darah yang berlanjut hingga hari ini, pernyataannya, dalam sebuah wawancara yang diposting online pada hari Sabtu (4/2) malam, menjelaskan diplomasi ruang belakang dan upaya mendesak yang sedang dilakukan untuk mencoba membawa konflik ke penyelesaian yang cepat.

Dalam wawancara lima jam, yang menyentuh banyak topik lain, Bennett mengatakan dia bertanya kepada Putin tentang apakah dia bermaksud membunuh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

“Saya bertanya 'ada apa dengan ini? Apakah Anda berencana untuk membunuh Zelenskyy?" Dia berkata, "Saya tidak akan membunuh Zelenskyy." Saya kemudian berkata kepadanya, "Saya harus mengerti bahwa Anda berjanji bahwa Anda tidak akan membunuh Zelenskyy." Dia berkata, "Saya, saya tidak akan membunuh Zelenskyy.'”

Bennett mengatakan dia kemudian menelepon Zelenskyy untuk memberi tahu dia tentang janji Putin. "’Dengar, aku keluar dari rapat, dia tidak akan membunuhmu.' Dia bertanya, 'apakah kamu yakin?' Aku berkata '100% dia tidak akan membunuhmu.'"

Bennett mengatakan bahwa selama mediasinya, Putin membatalkan sumpahnya untuk mengusahakan perlucutan senjata Ukraina dan Zelenskyy berjanji untuk tidak bergabung dengan NATO.

Tidak ada tanggapan langsung dari Kremlin, yang sebelumnya membantah klaim Ukraina bahwa Rusia berniat membunuh Zelenskyy.

Menanggapi komentar Bennett dalam wawancaranya yang dilaporkan secara luas, Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, menulis pada hari Minggu (5/2) di Twitter bahwa Putin tidak dapat dipercaya.

“Jangan tertipu: Dia ahli pembohong. Setiap kali dia berjanji untuk tidak melakukan sesuatu, itu sudah menjadi bagian dari rencananya,” kata Kuleba tentang pemimpin Rusia itu.

Bennett, seorang pemimpin yang sebagian besar belum teruji yang telah menjabat sebagai perdana menteri selama lebih dari enam bulan ketika perang pecah, secara tak terduga mendorong dirinya ke dalam diplomasi internasional setelah dia menempatkan Israel di jalan tengah yang tidak nyaman antara Rusia dan Ukraina.

Israel memandang hubungan baiknya dengan Kremlin sebagai hal yang strategis dalam menghadapi ancaman dari Iran, tetapi Israel bersekutu dengan negara-negara Barat dan juga berusaha menunjukkan dukungan untuk Ukraina.

Seorang Yahudi yang jeli dan sedikit dikenal secara internasional, dia terbang ke Moskow untuk pertemuannya dengan Putin selama Sabat Yahudi, melanggar komitmen agamanya dan menempatkan dirinya di garis depan upaya global untuk menghentikan perang.

Tetapi upaya perdamaiannya tampaknya tidak berhasil dan masa kekuasaannya berumur pendek. Pemerintah Bennett, sebuah persatuan ideologis yang mengirim Perdana Menteri Benjamin Netanyahu saat ini ke pengasingan politik singkat, runtuh pada musim panas karena pertikaian. Bennett menjauh dari politik dan sekarang menjadi warga negara biasa. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home