Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:30 WIB | Minggu, 19 Juni 2016

Mantan Presiden Mesir Morsi Dihukum Penjara Seumur Hidup

Mohamed Morsi. (Foto: AFP/Tarek El-Gabass)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM - Pengadilan Mesir pada hari Sabtu (18/6) menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada mantan presiden Mohamed Morsi dalam persidangan spionase, yang juga menjatuhkan hukuman mati kepada enam terdakwa lainnya dalam kasus itu.

Pengadilan tersebut membebaskan Morsi dari tuduhan memberikan dokumen rahasia kepada Qatar, namun menghukumnya dengan kurungan penjara semur hidup karena memimpin sebuah organisasi di luar hukum, kata pengacaranya Abdel Moneim Abdel Maksoud kepada AFP.

Presiden terguling itu juga didakwa telah “mencuri dokumen yang berhubungan dengan keamanan negara” dan dijatuhi hukuman penjara 15 tahun, tambah pengacaranya.

Qatar adalah pendukung utama Morsi dan gerakan Ikhwanul Muslimin ketika dia berkuasa pada 2012 sampai Juli 2013, saat militer menggulingkan dan menahannya.

Morsi dijatuhi hukuman mati dalam sidang terpisah atas tuduhan terlibat dalam insiden kabur dari penjara dan serangan terhadap kantor polisi saat pemberontakan pada 2011 yang menggulingkan Hosni Mubarak.

Dia juga mendapat hukuman penjara seumur hidup dan penjara 20 tahun dalam dua sidang lain. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home