Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 08:16 WIB | Selasa, 24 Mei 2016

Marinir RI Sukses Selenggarakan Save Our Littoral Life

Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Ka Bakamla RI) Laksamana Madya TNI (Laksdya TNI) Ari Soedewo di Kantor Bakamla RI, Jl. Dr. Sutomo no. 11, Jakarta Pusat, hari Senin (23/5). (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Ka Bakamla RI) Laksamana Madya TNI (Laksdya TNI) Ari Soedewo, menyatakan apresiasinya kepada Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Buyung Lalana, Syang telah sukses dalam menggelar hajat akbar, yakni  Save Our Littoral Life (SOLL), saat menerima kunjungan kerja Komandan Korps Baret Ungu tersebut, di  Kantor Bakamla RI, Jalanl. Dr. Sutomo nomor. 11, Jakarta Pusat, hari Senin (23/5).

Dalam kunjungannya yang didampingi Asisten Operasi Komandan Korps Marinir Kolonel Mar Edi Juardi, Dankormar melaporkan secara singkat mengenai perkembangan  kegiatan Save Our Littoral Live (SOLL) yang telah dilaksanakan tanggal 15 Agustus  2015.

Penanaman sejuta terumbu karang ini telah digelar di 53 pantai, yang dibagi menjadi 235 titik penanaman, di seluruh wilayah perairan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Dari hasil pantauan langsung yang dilakukan Dankormar beserta para prajuritnya, kini SOLL yang merupakan salah satu langkah penyelamatan ekosistem laut itu perkembangannya sudah mencapai 80 hingga 90 persen.

Menurut Ka Bakamla, penanaman terumbu karang yang telah dilakukan Korps Marinir TNI AL seiring dan sejalan dengan salah satu tugas Bakamla, yaitu menjaga environment (lingkungan) khususnya lingkungan laut, dalam upaya menjaga ekosistem laut.

“Hal ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan biota laut dan salah satu penunjang kehidupan di laut,” kata dia.

 Sejalan dengan gagasan Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana, Bakamla RI melalui zona barat (Batam), zona tengah (Manado), dan zona timur (Ambon), juga telah turut serta dalam penanaman terumbu karang secara masal tersebut.

Laksamana berbintang tiga itu berharap, Korps Marinir dan Bakamla dapat terus bersinergi dalam menjaga lingkungan laut, juga keamanan dan keselamatan di laut.

“Keselamatan bukan hanya bagi manusia pengguna laut, namun juga keselamatan bagi ekosistem laut,” kata dia.

Sementara itu Dankormar Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana, menyampaikan terimakasih atas dukungan Bakamla RI  terhadap kegiatan SOLL dan bertekat akan terus memelihara terumbu karang yang telah ditanam oleh diri dan para prajuritnya.

Dalam kesempatan mendatang Korps Mainir TNI Angkatan Laut bersama-sama dengan sejumlah instansi terkait akan melaksanakan konservasi 100 juta terumbu karang di Kepulauan Seribu dan akan mensukseskan program pemerintah dalam Gerakan. "Budaya Bersih dan Senyum," kata dia.

 “Semoga penanaman terumbu karang ini bisa berhasil, agar bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama nelayan. Dengan tumbuhnya terumbu karang, ikan akan bertambah banyak sehingga nelayan bisa sejahtera,” dia menambahkan.

Selain Asops Dankormar, Kepala Biro Umum Bakamla RI Kolonel Laut Suradi Agung Samet, S.Sos., S.T., juga turut hadir dalam pertemuan yang berjalan sangat harmonis tersebut.(PR)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home