Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 05:54 WIB | Jumat, 02 Desember 2016

Massa Sudah Berdatangan ke Monas Kamis Malam

Warga melintas di depan mobil Baracuda saat persiapan pengamanan doa dan zikir dalam Aksi Bela Islam III di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (1/12). Sebanyak 3.539 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Satuan Brimob, TNI AD, TNI AU, TNI AL akan menjaga selama berlangsungnya aksi bela Islam III. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sejumlah kelompok masyarakat dari berbagai daerah sudah mulai berdatangan ke kawasan Monas Jakarta untuk bersiap mengikuti acara Doa Bersama Aksi Bela Islam III 2 Desember.
    
Di Silang Barat Daya Monas, Kamis (1/12) malam, sudah mulai didatangi oleh masyarakat yang hendak mengikuti aksi hari ini.
    
Salah seorang warga Parung Panjang Kabupaten Bogor, Fajhulah, datang bersama delapan orang rekannya ke Monas sejak pukul 22.00 WIB. 

Namun rencananya untuk masuk ke dalam kawasan Monas diurungkan karena kawasan aksi damai Doa Bersama tersebut belum boleh dimasuki oleh umum hingga Jumat (2/12) pagi.
    
"Niatnya mau langsung `stay` aja di sini sampai pagi tapi nggak boleh masuk, gampanglah bisa di mana aja," kata Fajhulah yang ke Monas menggunakan KRL.
    
Masyarakat yang datang ke Monas pada malam hari juga berasal dari daerah-daerah lain di luar Jabodetabek seperti Tasik, dan Garut.
    
Kawasan Monas saat ini steril dari masyarakat umum untuk persiapan acara Doa Bersama 2 Desember. Selain petugas keamanan, beberapa orang yang masuk hanyalah yang berkepentingan menyiapkan fasilitas acara.
     
Beberapa kendaraan untuk menyediakan air minum, air wudhu, peralatan obat-obatan, dan kendaraan taktis tampak berdatangan. Alas untuk acara doa bersama dan shalat Jumat berjamaah sudah digelar lengkap dengan tempat wudhu melingkari Monas.
    
Pengamanan dilakukan ketat oleh aparat gabungan dari TNI, Polri, dan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
    
Acara Doa Bersama Bela Islam III 2 Desember rencananya digelar di Monas mulai pagi hari dengan pembacaan dzikir, shalawat, hingga diakhiri shalat Jumat berjamaah.

Masjid Istiqlal juga sudah dibanjiri massa peserta menjelang subuh, hari Jumat (2/12). Ribuan massa sudah mendatangi Istiqlal sejak Kamis malam dan tak pernah berhenti didatangi jemaah hingga jelang subuh.

Massa yang menginap di Istiqlal kebanyakan berasal dari luar kota untuk mengikuti acara Doa Bersama 2 Desember. Nasrullah, salah seorang warga dari Tasik datang ke Istiqlal sejak Kamis malam untuk beristirahat dan menginap.

Intensitas massa yang datang makin penuh terlebih setelah pukul 02.00 WIB di mana massa yang melakukan long march dari Bekasi dan daerah sekitaran Jakarta tiba di Istiqlal.

Hingga pukul 04.00 WIB massa bertambah banyak yang datang dari wilayah sekitaran Jakarta hanya untuk mengikuti salat subuh berjamaah tanpa bermalam.

Seluruh ruangan di Istiqlal mulai dari area salat, pelataran di lantai satu dan dua, bawah tangga, ruang terbuka di lantai dua, hingga areal dekat tempat wudhu dipenuhi oleh orang-orang untuk beristirahat.

Sementara parkir kendaraan roda empat dan bus-bus memenuhi ruas jalan di sekitar masjid seperti Jalan Kathedral dan Jalan Pos. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home