Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 08:03 WIB | Selasa, 28 Juli 2015

Masyarakat Gembira Gunakan Pertalite

Seorang petugas saat berjaga di panel Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu (22/7) yang sudah ada menu jenis bahan bakar minyak (BBM) Pertalite yang merupakan jenis BBM baru sebagai pilihan masyarakat. Rencananya PT Pertamina akan meluncurkan jenis BBM Pertalite pada, Jumat (24/7) di SPBU Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat dan akan beroperasi di sejumlah SPBU di kota-kota besar lainnya. (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Masyarakat  menyatakan kepuasannya terhadap kualitas bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite yang baru diluncurkan Pertamina beberapa hari lalu.

Pelaku usaha asal Bogor, Ibrahim,  menyatakan sudah mencoba Pertalite sejak kali pertama diluncurkan, 24 Juli 2015 sebagai bahan bakar kendaraan miliknya untuk perjalanan jarak jauh Jakarta-Kuningan-Gombong-Jakarta.  "Saya `surprise` juga, ternyata selain kualitasnya bagus, juga lebih irit. Terakhir saya sempat mengisi Rp250.000. Biasanya sudah harus mengisi lagi, ternyata masih ada sekitar setengahnya," kata Ibrahim, Senin (27/7).

Menurut dia, dengan mempergunakan Pertalite, mesin kendaraannya juga terdengar lebih halus, tidak ada suara mengelitik, yang terkadang terdengar saat dirinya mempergunakan Premium.

Selain itu, lanjutnya, dengan mempergunakan Pertalite, temperatur mesin juga lebih dingin, padahal, biasanya mesin cepat panas sehingga membuat tenaga menjadi berkurang.

"Karena saya sering melakukan perjalanan jarak jauh, saya pikir Pertalite bisa menjadi solusi dan bahan bakar alternatif yang berkualitas tinggi," kata dia.

Karena keunggulan itulah, Ibrahim memutuskan untuk beralih total dari Premium ke Pertalite, tidak hanya untuk Avanza keluaran 2006 yang sehari-hari dikendarai, namun juga mobil tua Hi-Ace tahun 1980, yang menjadi tumpuan sebagai kendaraan operasional usahanya.

Sebelumnya PT Pertamina (Persero) melakukan uji pasar Pertalite pada Jumat (24/7) lalu di 101 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang tersebar di tiga kota, yakni Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Uji pasar tersebut diresmikan dengan peluncuran pertalite, varian baru bahan bakar minyak di SPBU 31.102.02 di Jalan Abdul Muis Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Pada tahap uji pasar, pertalite dijual seharga Rp 8.400 per liter. "Tahapan uji pasar ini sangat penting bagi Pertamina untuk mengetahui animo masyarakat terhadap pertalite," kata Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto pada uji pasar pertalite.

Pertalite adalah varian baru dari produk "gasoline" nonsubsidi Pertamina yang diharapkan dapat memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen, terutama segmen yang menghendaki bahan bakar dengan tarikan mesin yang enteng, bayarnya juga enteng dan kendaraan melaju lebih jauh.

Ia mengatakan pertalite dengan "research octane number"(RON) 90 dapat membuat pembakaran pada mesin kendaraan lebih baik dibandingkan premium yang memiliki RON 88.   (Ant)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home