Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 09:19 WIB | Selasa, 12 Oktober 2021

McCartney Sebut John Lenon Yang Ingin The Beatles Bubar

Foto tanpa tanggal, The Beatles tampil di panggung, dari kiri ke kanan: Paul McCartney, George Harrison, Ringo Starr, dan John Lennon. (Foto: dok. AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Paul McCartney telah meninjau kembali pecahnya kelompok musik The Beatles, dan dengan tegas membantah anggapan bahwa dia bertanggung jawab atas kematian grup tersebut.

Berbicara pada episode "This Cultural Life" BBC Radio 4 yang dijadwalkan tayang pada 23 Oktober, McCartney mengatakan bahwa John Lennon yang ingin membubarkan The Beatles.

"Saya tidak menghasut perpecahan," kata McCartney. "Itu Johnny kita."

Penggemar band telah lama memperdebatkan siapa yang bertanggung jawab atas perpisahan itu, dengan banyak yang menyalahkan McCartney. Namun McCartney mengatakan keinginan Lennon untuk “menghancurkan kekalahan” adalah pendorong utama di balik perpecahan tersebut.

Kebingungan tentang perpisahan itu dibiarkan berlarut-larut karena manajer mereka meminta anggota band untuk tetap diam sampai dia menyelesaikan sejumlah kesepakatan bisnis, kata McCartney.

Wawancara itu dilakukan menjelang film dokumenter enam jam oleh Peter Jackson yang mencatat bulan-bulan terakhir band, “The Beatles: Get Back,” yang akan dirilis pada November di Disney, dipastikan akan mengulang kembali bubarnya band legendaris tersebut. Komentar McCartney pertama kali dilaporkan oleh The Observer.

Ketika ditanya oleh pewawancara John Wilson tentang keputusan untuk menyerang sendiri, McCartney menjawab: “Berhenti di sana. Saya bukan orang yang menghasut perpecahan. Oh tidak, tidak, tidak. John masuk ke sebuah ruangan suatu hari dan berkata, 'Saya akan meninggalkan The Beatles.' Apakah itu yang memicu perpecahan, atau tidak?"

McCartney mengungkapkan kesedihan atas perpisahan itu, mengatakan bahwa kelompok itu masih membuat "hal-hal yang cukup bagus."

“Ini adalah band saya, ini adalah pekerjaan saya, ini adalah hidup saya. Jadi saya ingin ini berlanjut," kata McCartney. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home