Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 08:52 WIB | Jumat, 02 Juni 2023

Melawan Tabu, Ulama Syiah Iran Merawat Anjing-anjing Terlantar

Melawan Tabu, Ulama Syiah Iran Merawat Anjing-anjing Terlantar
Seorang Ulama Iran Jadi Ulama Iran, Sayed Mahdi Tabatabaei, melihat anjing-anjing liar di luar tempat penampungannya saat mereka diberi makan, di luar kota Qom, 80 mil (125 kilometer) selatan ibu kota Teheran, Iran, Minggu, 21 Mei 2023. Jarang terjadi seorang ulama bersorban di Iran untuk menarik banyak pengikut penggemar muda yang memujanya di Instagram, tetapi Tabatabaei telah melakukannya dengan menyelamatkan anjing jalanan yang menyimpang dari tabu lokal. (Foto:foto: AP/Vahid Salemi)
Melawan Tabu, Ulama Syiah Iran Merawat Anjing-anjing Terlantar
Ulama Iran Sayed Mahdi Tabatabaei tanpa pakaian ulama dnegan sorban, membelai seekor anjing liar yang cacat di penampungannya di luar kota Qom, 80 mil (125 kilometer) selatan ibu kota Teheran, Iran, Minggu, 21 Mei 2023.
Melawan Tabu, Ulama Syiah Iran Merawat Anjing-anjing Terlantar
Sayed Mahdi Tabatabaei melihat ke dalam kandang anjing liar yang rusak di tempat penampungannya di luar kota Qom, 80 mil (125 kilometer) selatan ibu kota Teheran, Iran.
Melawan Tabu, Ulama Syiah Iran Merawat Anjing-anjing Terlantar
Sayed Mahdi Tabatabaei, melihat anjing-anjing liar di luar tempat penampungannya saat mereka diberi makan, di luar kota Qom, 80 mil (125 kilometer) selatan ibu kota Teheran, Iran.

QOM, SATUHARAPAN.COM-Hal yang jarang sekali terjadi, seorang ulama bersorban di Iran menarik banyak pengikut penggemar muda di akun Instagramnya. Tetapi yang ini memang unik. Sayed Mahdi Tabatabaei, ulama itu, telah melakukannya upaya menyelamatkan anjing jalanan yang bertentangan dengan pantangan loal dan mungkin keyakinan.

Tabatabaei memposting secara teratur,kepada lebih dari 80.000 pengikutnya, kisah memilukan tentang anjing yang dilecehkan dan diabaikan yang telah dia rawat di tempat penampungannya. Penggemar mudanya meminta pembaruan informasi tentang penyelamatan dan mengirimkan harapan baik dalam ratusan komentar yang dia terima di hampir setiap postingan.

Di beberapa bagian dunia Muslim, anjing dianggap najis, diusir dengan teriakan, pukulan tongkat dan lemparan batu, dan kadang-kadang bahkan ditembak oleh pekerja kota dalam upaya untuk mengendalikan populasi liar.

Teokrasi yang berkuasa di Iran memandang memelihara anjing sebagai hewan peliharaan sebagai tanda dekadensi Barat, dan garis keras telah mendorong undang-undang yang melarang mengajak mereka yang berkaki empat itu un tuk berjalan-jalan di depan umum.

Tapi itu tidak menghentikan Tabatabaei untuk membuka tempat perlindungan di kota Qom, rumah bagi beberapa sekolah agama dan tempat suci, di mana dia mengambil anjing jalanan dan yang tersesat dan merawat mereka untuk kembali sehat. Dia telah menjadi advokat yang tidak biasa untuk hak-hak hewan dalam masyarakat yang sangat terpecah atas peran agama dalam kehidupan publik.

Islam melarang kekejaman terhadap hewan dan mempromosikan memberi makan mereka yang membutuhkan. Di seluruh Timur Tengah, orang-orang mengeluarkan makanan dan air untuk kucing liar, yang sering terlihat berkeliaran dengan aman keluar masuk gedung-gedung publik. Tetapi di Iran dan negara lain, anjing dijauhi oleh banyak orang dan otoritas lokal secara berkala menembak dan meracuni mereka.

Pendirian ulama Iran, yang telah memerintah negara itu sejak Revolusi Islam 1979, menyatakan anjing sebagai "najis" dan menganjurkan untuk tidak memelihara mereka sebagai hewan peliharaan. Banyak generasi muda Iran mengabaikan aturan seperti itu, seperti yang mereka lakukan pada fatwa agama lainnya.

Tabatabaei, seorang pecinta binatang yang mengenakan sorban hitam Syiah yang menandakan dia adalah keturunan Nabi Muhammad, berusaha untuk menjembatani perbedaan tersebut.

“Cukup menarik dan agak aneh bagi mereka untuk menyaksikan seorang tokoh agama melakukan hal ini,” katanya. “Video saya sepertinya meninggalkan kesan yang baik pada orang-orang juga. Mereka mengatakan bahwa mereka merasakan gelombang kebaikan, kedamaian, dan persahabatan yang datang melalui video tersebut.”

Itu membuatnya bermasalah dengan sesama ulama. Ketika foto-foto dia merawat anjing muncul saat mengenakan jubah ulama, pengadilan agama memerintahkan dia untuk mencopotnya pada tahun 2021. Putusan itu kemudian ditangguhkan, tetapi dia tetap berhati-hati. Hari-hari ini Tabatabaei mengenakan pakaian biasa sambil merawat anjing dan membersihkan kandang mereka di Bamak Paradise, tempat penampungan yang ia dirikan dua tahun lalu.

“Kami mengambil anjing penyandang cacat yang tidak dapat bertahan hidup di alam liar dan kesulitan menemukan rumah adopsi,” katanya. “Banyak dari mereka adalah anjing yang secara pribadi saya rawat hingga sembuh. Mereka tinggal di sini sampai mereka pulih sepenuhnya dan mendapatkan kembali kekuatan mereka.”

Dia mengandalkan sumbangan dari pecinta hewan di Iran dan luar negeri. Dia mengatakan dana yang tersedia untuk upaya semacam itu telah mengering dalam beberapa tahun terakhir karena Amerika Serikat telah meningkatkan sanksi ekonomi atas program nuklir Iran yang disengketakan. Sistem perbankan negara hampir sepenuhnya terputus dari dunia luar, sehingga sangat sulit untuk mentransfer dana.

Di Iran, ekonomi telah terpuruk, dengan mata uang lokal anjlok ke rekor terendah selama setahun terakhir. Dengan banyaknya orang Iran yang berjuang untuk hidup, hanya ada sedikit yang tersisa untuk teman-teman berbulu sang ulama.

“Saya memohon kepada pemerintah Barat, khususnya pemerintah AS dan lainnya yang mampu mempengaruhi pencabutan sanksi, untuk mempertimbangkan membuat pengecualian bagi organisasi seperti kami yang terlibat dalam upaya kemanusiaan dan perdamaian,” katanya.

“Dengan mengizinkan kami membuat rekening bank dan memverifikasi identitas kami, kami akan dapat menerima bantuan dari individu dan badan amal di luar Iran tanpa mereka melanggar sanksi dan mempertaruhkan komplikasi hukum,” tambahnya.

Dia juga berharap adanya perubahan di Iran, khususnya, pencabutan larangan berjalan-jalan dengan anjing di taman. “Pemilik hewan peliharaan harus membawa anjing mereka dan hewan peliharaan lainnya untuk jalan-jalan,” katanya.

“Sayangnya, kami masih belum memiliki undang-undang untuk melindungi hak-hak hewan, dan tidak ada peraturan untuk mencegah kekejaman terhadap hewan.”

Banyak orang Iran, terutama kaum muda, telah menyatakan frustrasi dengan aturan ulama selama bertahun-tahun, dalam gelombang protes dan tindakan pembangkangan yang lebih kecil. Selama protes nasional musim gugur yang lalu, setelah kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun saat berada dalam tahanan polisi moralitas negara itu, warga Iran memposting video online yang menunjukkan para pemuda menyelinap di belakang ulama dan melepaskan turban dari kepala mereka.

Tapi  terlepas dari ketegangan baru-baru ini, Tabatabaei tetap menjadi sosok yang dicintai banyak orang.

Zahra Hojabri baru-baru ini menemukan seekor anak anjing sekarat di pinggir jalan. Ulama yang lembut itu adalah orang pertama yang dia pikirkan untuk membantu anjing kecil itu. “Saya pikir dia adalah malaikat, lebih dari manusia. Saya tidak bisa mengatakannya dengan kata-kata,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home