Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 17:44 WIB | Selasa, 01 November 2016

Menag akan Resmikan Konferensi Islam Internasional

Ilustrasi. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah) menyerahkan KIP kepada perwakilan santri pada penutupan Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren VII. (Foto: kemenag.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama (Kemenag) Mastuki, hari Selasa (1/11) menjelaskan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin akan membuka Konferensi Studi Islam Internasional/Annual International Conference Islamic Studies (AICIS) 2016.

Mastuki mengatakan acara pembukaan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kemenag ini akan dilakukan hari Selasa (1/11) malam di Institut Agama Islam Raden Intan, Bandar Lampung.

Mastuki menambahkan, AICIS 2016 mengangkat tema The Contribution Of Indonesian Islam To The World Civilization. Kegiatan ini diikuti lebih dari 56 rektor dari PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam) dari seluruh dunia. Sejumlah tokoh pengkaji Islam dunia dijadwalkan hadir dalam AICIS kali ini.

Para tokoh yang akan menjadi narasumber antara lain: Prof. James Arvanitakis (UWS), Josephine Ratna, M.Psych, Ph.D (Indonesia-Australia Technology Network of Universities/ATN), Prof. Moncef Ben Abdel Jalil (University De Saosa, Tunisia), Prof. Dr. Sumanto Al-Qurtubi (King Fahd University of Petroleum and Minerals, Saudi Arabia), Dr. Annabel Teh Gallop (British Library), dan Prof. Wan Mohd Nor Wan Daud (ISTAC Malaysia).

Berdasarkan buku panduan yang dirilis oleh panitia, berikut ini sejumlah agenda AICIS 2016 yang sudah disiapkan oleh panitia:

1. Forum Rektor

Forum yang dihadiri para pimpinan PTKIN ini akan membahas tentang memperkuat manajemen PTKIN menuju World Class University yang sudah menjadi keniscayaan di era globalisasi seperti sekarang ini. Forum yang difasilitasi oleh Diktis ini akan menghadirkan narasumber Prof. James Arvanitakis dari Universitas of Western Sydney dan Josephine Ratna, manager country Indonesia Australia Technology Network of Universities. Forum Rektor akan berlangsung hari ini, Selasa (1/11).  

2. Keynote: The Contribution of Indonesian Islam to The world civilization

Banyak peneliti membuktikan bahwa Islam Indonesia memiliki karakter unik dibandingkan wilayah lainnya, karena tampak lebih moderat, damai, dan toleran. Muslim Indonesia dianggap berhasil mempertemukan secara damai antara Islam dan modernitas, Islam dan demokrasi, Islam dan hak asasi manusia serta Islam dan multikulturalisme. Islam Indonesia diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap kebudayaan nasional dan regional bahkan dunia global.

Acara yang akan berlangsung di Gedung GSG IAIN Raden Intan Lampung pada Rabu (02/11), pukul 08.00-09.30 WIB ini menghadirkan dua pemateri. Keduanya akan berbicara mengenai hal ini terutama untuk melihat perspektif mereka terhadap Islam Indonesia dan peran apa yang harus dibangun dalam memberikan kontribusi bagi peradaban dunia.

Para pemateri yakni Prof. Dr Moncef Ben Abdel Jalel dari Tunisia (guru besar pemikiran Islam klasik di Universitas Sousse, Tunisia) dan Prof. Dr. Sumanto Al-Qurtubi (putra Indonesia yang kini menjadi assistant profesor of anthropology di King Fahd University of Petroleum and Minerals di Saudi Arabia)

3. Plenary Session 1: Indonesian Islamic Heritage in The Contemporary Era

Berbagai kekayaan nilai-nilai dan tradisi yang berkembang dalam sejarah panjang masyarakat muslim Indonesia harus dipromosikan kepada masyarakat internasional sehingga lebih menambah pemahaman dan apresiasi mereka terhadap keluasan dan kedalaman tradisi masyarakat muslim Indonesia. Sesi ini akan membahas warisan Islam Indonesia di tengah modernitas dan relevansinya bagi dunia modern.

Beberapa ahli diundang untuk memberikan perspektifnya pada sesi yang akan berlangsung hari Rabu (2/11).

Mereka adalah Dr. Annabel Teh Gallop (British Library), Prof. Wan Mohd Nor Wan Daud (ISTAC Malaysia), Prof. Ahmad Sewang (UIN Alauddin Makassar), Prof. Syaripudin Basyar, MA (IAIN Raden Intan Lampung), dan Dr. Zaenuddin (IAIN Pontianak).

4. Interactive Talk Show: Current Challenges Of Indonesian and Malay Islam In The Modern World

Sesi ini akan berlangsung Rabu (2/11) di Gedung GSG IAIN Raden Intan Lampung ini menghadirkan sejumlah narasumber, yaitu: Prof. Tomas Lindgren (Umea University, Sweden), Dr. Kevin W. Fogg (Oxford University), Habiburrahman el-Shirozi (Indonesian Novelist/Humanist), Dr. Muhammad Hadi bin Muhammad Melayong (Brunei Darussalam), dan Pengiran Mahani binti Pengiran Haji Ahmad (Brunei Darusalam).

5. Forum Direktur Program Pascasarjana

Dua ahli diundang untuk berbicara pada forum ini, pada hari Rabu (2/11) di Ruang Sidang Senat, Rektorat Lt. 3 tersebut. Mereka adalah Prof. Bhajan Grewal dari Victoria University dan Dr. David Carter dari University of Canberra.

6. Plenary Session 2: Perspectives On Islamic Thought In Education, Economy, Humanity And Science

Sesi ini berlangsung pada hari Kamis (3/11)  di Gedung GSG IAIN Raden Intan Lampung. Sesi ini akan membahas beberapa perspektif tentang pemikiran Islam dalam berbagai bidang. Sejumlah ahli hadir, yaitu: Prof. Krishna Sen (University of Western Australia), Dr. Minako Sakai (University of New South Wales, Australia), Prof. Joni Hermana (Institut Teknologi Surabaya), Prof. Abdullah Idi (UIN Raden Fatah Palembang), dan Fahmi Zarkasyi, Ph. D (UNISDA Gontor).

7. Plenary Session 3: Perspectives On The Dynamics Of Contemporary Islamic World

Sessi ini akan membahas dinamika dunia Islam saat ini yang sebagian masih diwarnai dengan perpecahan dan radikalisme. Sejumlah ahli hadir untuk membahas hal ini pada hari Kamis (3/11) di Gedung GSG IAIN Raden Intan Lampung. Mereka adalah Prof. Dr. Ayzumardi Azra, MA (UIN Syarif Hidayatullah), Prof. Magdy Behman (Estern Mennonite University, USA), Prof. Sulthan Syahril, MA (IAIN Raden Intan Lampung), Prof. Akh. Muzakki (UIN Sunan Ampel Surabaya), dan M. Nur Ikhwan, Ph. D (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

8. Diskusi Panel: Islam, Creative Economy, And Social Activism. Sesi ini membahas tentang ekonomi kreatif yang memegang peranan penting dalam ekonomi global sekarang dan mendatang.  

Diskusi tentang hal ini akan dibahas secara mendalam hari Kamis (3/11) di Ruang Sidang Senat, Rektorat Lt. 3, akan menghadirkan sejumlah narasumber, yaitu: Dr. Minako Sakai (University of New South Wales, Australia), Dr Falikul Isbah, MA (UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta), Dr. Najib Kailani, MA (UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta), Dr. Hilman Latif, MA (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), Dr. Bambang Budiwiranto, MA (IAIN Raden Intan Lampung), M. Zaenal Anwar, M.Si (IAIN Surakarta).

Selain itu, pada ajang AICIS 2016 ini juga digelar sessi diskusi buku dan city tour. Ada buku yang akan dibedah, yaitu:

(1) Rituals of Islamic Spirituality: A Study of Majlis Dhikr Groups in East Java, diterbitkan oleh ANU E Press, Autralia pada tahun 2010, karya Arif Zamhari.

(2) Religious Authority and the Prospects for Religious Pluralism in Indonesia: The Role of Traditionalist Muslim Scholars, karya Asfa Widianto.

(3) Faith and the State A History of Islamic Philanthropy in Indonesia, diterbitkan oleh Brill, Leiden tahun 2013, karya Amelia Fauzia.

(4) Historisitas Syari'ah: Kritik Relasi Kuasa Khalil Abdul Karim, diterbitkan oleh LKiS, Yogyakarta tahun 2016, karya Siti Mahmudah.

(5) Komunikasi Massa, diterbitkan Gramedia tahun 2016, karya Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M.Si, dan

(6) Demokrasi Muka Dua, diterbitkan oleh Gramedia tahun 2016, karya Dr. Muhammad Aqil Irham, M.Sc. (kemenag.go.id)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home