Loading...
RELIGI
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:53 WIB | Kamis, 19 September 2019

Menag Buka Festival Seni Keagamaan Hindu ke-3 Tahun 2019

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Rabu (18/9) malam, membuka secara resmi Festival Seni Keagamaan Hindu ke-3 Tahun 2019, yang berlangsung dari tanggal 17-21 September 2019 di Surabaya, Jawa Timur.(Foto:kemenag.go.id)

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Rabu (18/9) malam, membuka secara resmi Festival Seni Keagamaan Hindu ke-3 Tahun 2019, yang berlangsung dari tanggal 17-21 September 2019 di Surabaya, Jawa Timur.

Mengenakan udeng atau ikat kepala khas Suurabaya, Menag membuka resmi Festival Seni Keagamaan Hindu ini dengan meniup sangkakala atau terompet, didampingi Dirjen Bimas Hindu I Ketut Widnya, Wagub Jatim Emil Dardak, dan Ketua Panitia I Made Sutrisna.

Pembukaan digelar semarak, menampilkan parade Nusantara oleh peserta festival yang berasal dari 21 provinsi di Tanah Air diiringi lagu dan busana khas daerah masing-masing, serta penampilan seni tari dan budaya.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai juara umum pada Festival Seni Keagamaan Hindu ke-2 lalu, Jawa Barat menyerahkan piala bergilir Menteri Agama kepada Menag, selanjutnya diserahkan kepada Dirjen Bimas Hindu I Ketut Widnya. Piala bergilir tersebut selanjutnya akan diperebutkan dalam festival yang diikuti oleh 1.094 peserta dari 21 provinsi.

Sebelumnya, festival seni ini telah diawali dengan dengan pawai yang dilepas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dari Jatim Expo Surabaya, Selasa (17/9). Berbagai atraksi seni keagamaan Hindu dari berbagai wilayah di Tanah Air ditampilkan dalam pawai ini.

Sejumlah lomba digelar dalam festival ini, di antaranya Lomba Musik Tradisional Ritual Keagamaan Hindu, Tari Tradisional Ritual Keagamaan Hindu, Tari Kreasi Keagamaan Hindu, Sandyagita atau Kidung-Kidung Suci Keagamaan, dan Lawak Keagamaan Hindu.

Sarasehan dengan tema “Mengukuhkan Moderasi dalam Membangun Peradaban Dharma Guna Memperkokoh NKRI” melengkapi perhelatan festival seni keagamaan Hindu ini. (kemenag.go.id)

 

Kampus Maranatha
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home