Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 12:48 WIB | Senin, 26 Februari 2018

Menag: Perayaan Imlek 2569 Momentum Introspeksi

Menag Lukman Hakim saat memberi sambutan di Perayaan Tahun Baru Imlek 2569 Kongzili tingkat Nasional, yang digelar Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) di Theater Garuda TMII, Jakarta, Minggu (25/2). (Foto: kemenag.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai Perayaan Tahun Baru Imlek 2569 Kongzili tingkat Nasional yang digelar Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) adalah momentum tepat untuk introspeksi.

“Momentum tahun baru Imlek merupakan momentum yang tepat untuk introspeksi diri, mengoreksi perjalanan tahun lalu, dan merencanakan tahun yang akan berjalan. Bersilaturahim dalam rangka membangun persaudaraan dan peduli kepada alam serta mendekatkan diri kepada Sang Pencipta,” kata Menag Lukman Hakim saat memberi sambutan di Perayaan Tahun Baru Imlek 2569 Kongzili tingkat Nasional, yang digelar Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) di Theater Garuda TMII, Jakarta, Minggu (25/2).

Menurut  Menag, perayaan tahun bari Imlek ini juga bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur, doa, dan harapan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan karunia yang diterima selama ini dan yang akan diterima di masa mendatang.

“Perayaan tahun baru Imlek bukan untuk pesta dan hura-hura, namun hakikatnya untuk mempererat tali persaudaraan di antara umat manusia dan memperkuat rasa pesatuan,” kata Menag.

“Kita berharap perayaan ini bisa mencapai tujuannya, yakni meningkatkan kesadaran  umat Khonghucu Indonesia  bahwa kita semua merupakan bagian dari Indonesia yang wajib turut untuk menjaga kesatuan dan persatuan yang ber-Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, dan UUD negara Indonesia,” Menag menambahkan, yang hadir diperayaan Imlek didampingi Trisna Willy Lukman Hakim.

Tampak hadir Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD, Din Syamsudin, Jimly Asshiddiqie, Agus Harimukti Yudhoyono, Menteri Sosial Idrus Marham, tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, dan rohaniawan. 

Dalam kesempatan tersebut Menag menerima potongan tumpeng dari Ketua Umum Matakin sebagai ungkapan rasa syukur dari umat Khonghucu. Perayaan Imlek 2569 juga ditandai dengan pemukulan tambur oleh Menag Lukman Hakim, Ketua MPR, Ketua DPR, dan Ketua Umum Matakin. (kemenag.go.id)

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home