Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:27 WIB | Senin, 18 Oktober 2021

Mencegah Penyebaran COVID-19 di Sekolah Agar PTM Terus Berlangsung

Pelajar mencuci tangan dan menjaga jarak ketika memasuki sekolah. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sejumlah sekolah di Indonesia telah dimulai dengan menerapkan protokol kesehatan yang dijalankan secara ketat dan disiplin. Ini menyusul angka COVID-19 yang menunjukkan penurunan.

Namun situasinya memerlukan kewaspadaan dari berbagai pihak untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus COVID-19 akibat PTM.

Ilmuwan World Health Organization (WHO), Dr Maria Van Kerkhove ,mengatakan saat ini banyak negara telah menerapkan tindakan pencegahan untuk menjaga sekolah tetap buka dengan aman selama pandemi COVID-19.

Menurut ahli epidemiologi penyakit menular ini, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan terkait dimulainya kembali kegiatan PTM, yaitu:

  1. Memastikan dilakukan upaya-upaya untuk mengurangi penularan sebanyak mungkin di komunitas tersebut, karena individu yang bekerja di sekolah tersebut juga tinggal di komunitas.
  2. Memastikan telah memiliki sistem yang baik di dalam sistem sekolah dalam memantau kesehatan siswa dan pengajar. Ini adalah cara mendeteksi kasus dan memastikan anak-anak yang tidak sehat tinggal di rumah
  3. Memastikan ada komunikasi yang baik dengan siswa, dan orang tua sehingga mereka tahu apa yang harus dilakukan jika seorang siswa sedang tidak sehat atau jika seorang guru tidak sehat. Jika siswa merasa tidak sehat, kami menyarankan agar mereka tinggal di rumah dan dirawat oleh orang tua atau wali di rumah. Jika ada kasus di sekolah, mereka harus dapat dideteksi sehingga mereka dapat menerima perawatan yang tepat.
  4. Memastikan ada ketentuan yang baik di sekolah untuk meminimalkan peluang penyebaran virus COVID-19. Ini tentang disinfeksi, meningkatkan ventilasi, menjaga jarak, memakai masker.

Menurut Maria, sangat penting bagi siswa untuk memiliki kesinambungan dalam pendidikan, keselamatan dan kesejahteraan mereka. “Semua itu membutuhkan perencanaan yang matang oleh pihak sekolah. Untuk itu diperlukan komunikasi yang baik dengan siswa,” katanya.

Untuk menjaga diri sendiri, setiap siswa harus selalu diingatkan untuk selalu menjaga jarak, memakai masker yang tepat dan menjaga kebersihan dengan rutin cuci tangan, serta menjauhi tempat keramaian.

“Semua faktor ini penting di rumah Anda, di komunitas Anda, dan juga di sekolah. Ini dimulai tentang menjaga diri Anda tetap aman. Ingatlah bahwa siapapun dapat terinfeksi virus SARS-CoV-2, termasuk anak-anak, dan mereka dapat menularkan virus tersebut ke orang lain,” tegas Maria.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home