Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:26 WIB | Jumat, 25 September 2015

Mendag: Anggaran Revitalisasi Pasar Rp 1,2 Triliun

Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong (kiri). (Foto: Dok. satuharapan.com/Ant)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong mengungkapkan pemerintah akan mengalokasikan anggaran dana pembangunan dan revitalisasi pasar tradisional mencapai Rp 1,2 triliun.

“Semua dana pembangunan itu dialokasikan dari APBN 2015,” kata Mendag dalam kunjungan untuk membagikan hewan kurban di Kabupaten Lebak pada hari Kamis (24/9).

Dana itu sebesar itu akan digunakan untuk revitalisasi 1000 pasar tradisional di berbagai daerah khususnya daerah tertinggal hingga tahun 2019.

Pasar rakyat, lanjut dia, dipercaya dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat karena bisa menampung produksi komoditas pertanian dan perkebunan juga produk unggulan daerah sehingga dapat meningkatkan pendapatan para pedagang maupun pelaku ekonomi daerah setempat.

"Kami yakin revitalisasi ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat guna mendukung basis ekonomi daerah," kata dia.

Selain itu, pasar rakyat juga merupakan sarana perdagangan dan titik distribusi barang yang strategis untuk mengawal harga dan mengendalikan inflasi.

"Saya kira pasar dapat mengendalikan gejolak harga dan stok barang relatif stabil dengan mampu menyatukan harga dan pendistribusian. Kami berharap Lebak yang menerima bantuan pembangunan revitalisasi pasar tradisional itu dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.”

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home