Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 21:58 WIB | Kamis, 30 Juni 2016

Mendag Pastikan Stok Pangan Jelang Lebaran Aman

Tom Lembong melihat sejumlah kebutuhan pokok saat mengunjungi Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, hari Jumat (10/6). (Foto: Dok. satuharapan.com/Melki Pangaribuan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Perdagangan RI, Thomas Trikasih Lembong, memastikan stok pangan aman menjelang H-5 lebaran hingga akhir bulan Juli mendatang.

Menurut dia, semua bahan pokok pangan di semua wilayah di Indonesia dalam kondisi aman.

“Yang pertama dalam penilaian kami stok pangan aman. Jadi semua bahan pokok pangan, tingkat stok di semua wilayah aman,” kata Tom Lembong di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, hari kamis (30/6).

Mendag juga memastikan stok dan jalur distribusi masih memadai meskipun di sejumlah daerah mengalami bencana alam seperti longsor.

“Kedua yang kami kemarin sempat prihatin adalah daerah-daerah yang kena bencana alam karena hujan deras, tanah longsor seperti di Purworejo, Kebumen. Kami pastikan bahwa stok dan jalur distribusi memadai. Sementara ini kami cukup yakin bahwa kondisi aman,” kata Tom.

Sementara itu, menghadapi fenomena cuaca La Nina, Kementerian Perdagangan telah melakukan perencanaan dan survei di beberapa lokasi untuk mengantisipasi kesulitan distribusi bahan pokok ke sejumlah daerah.

“Ke depannya kami sangat menyadari aspek La Nina kebalikan dari El Nino tahun lalu. Tahun ini akan ekstra hujan, ekstra badai, itu misalnya berdampak kepada tinggi gelombang di lautan. Jadi di beberapa wilayah kami sudah melihat gelombang setinggi tiga atau empat meter bisa mempersulit angkutan laut termasuk bahan pokok. Jadi kami sudah mulai perencanaan dan survei untuk antisipasi itu,” kata Mendag.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home