Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:51 WIB | Rabu, 18 November 2020

Mendesak Atasi Pandemi, Biden Minta Trump Kerja Sama Transisi

Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden. (Foto: dok. AP)

WILMINGTON, SATUHARAPAN.COM-Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, memperingatkan konsekuensi yang mengerikan jika Presiden Donald Trump dan pemerintahannya terus menolak untuk berkoordinasi dengan tim transisinya mengenai pandemi virus corona, dan memblokir pengarahan tentang keamanan nasional, masalah kebijakan, dan rencana vaksin.

Pernyataan tersebut menandai situasi yang paling sulit dari Biden hingga saat ini tentang kegagalan Trump untuk mengakui keklahannya dalam pemilihan presiden, dan bekerja sama dengan pemerintahan yang akan datang untuk transfer kekuasaan secara damai.

"Lebih banyak orang mungkin mati jika kita tidak berkoordinasi," kata Biden kepada wartawan selama konferensi pers hari Senin (16/11) di Wilmington, Delaware.

Biden dan para pembantunya, dan sekelompok kecil dari Partai Republik, telah menekankan pentingnya mendapatkan pengarahan tentang upaya Gedung Putih untuk mengendalikan pandemi dan mendistribusikan vaksin prospektif.

Pemerintahan Trump sedang mengerjakan rencana distribusinya sendiri, sementara kepala staf Biden mengindikasikan tim transisinya akan melanjutkan perencanaan mereka sendiri secara terpisah karena halangan tersebut.

Akses Perencanaan

Senator Susan Collins dari Republik mengatakan "sangat penting bahwa presiden terpilih dan timnya memiliki akses penuh ke perencanaan yang telah berjalan" untuk distribusi vaksin.

"Tidaklah mudah" untuk mendistribusikan vaksin, kata Collins. Jadi "sangat penting bagi kesehatan masyarakat, bahwa semua perencanaan yang berjalan di mana pemerintahan saat ini layak mendapatkan kredit, dibagikan dengan pemerintahan baru."

Pernyataan Collins digaungkan Senin oleh Senator Republik Lisa Murkowski dari Alaska. Pekan lalu, sekelompok besar Partai Republik di Kongres meminta pemerintahan Trump untuk mengizinkan Biden mulai menerima pengarahan keamanan nasional.

Presiden yang akan keluar sejauh ini telah menolak untuk tunduk pada tekanan dari Demokrat atau Republik ketika dia terus memperdebatkan kekalahannya dari Biden, yang telah melampaui batas 270 suara pemilihan untuk menjadi presiden dan mengungguli Trump dengan lebih dari 5,5 juta suara secara nasional.

Kerja sama antara pemerintahan lama dan baru, yang secara tradisional merupakan komponen kunci untuk transfer kekuasaan secara damai di Amerika Serikat, menjadi semakin penting tahun ini karena pandemi virus corona, yang meningkat secara dramatis menuju musim liburan.

Biden menyebut pendistribusian vaksin sebagai “usaha yang sangat besar,” dan mengatakan bahwa jika timnya harus menunggu sampai dia menjabat untuk menggali rencana distribusi pemerintah, mereka akan “tertinggal, lebih dari sebulan, satu setengah bulan.”

Program Ekonomi

Sebelum mengajukan pertanyaan, Biden menguraikan rencananya untuk mengurangi ketidaksetaraan dan meningkatkan ekonomi AS, tetapi mengatakan bahwa setiap reformasi struktural bergantung pertama pada pengendalian pandemi dan memberikan bantuan yang lebih cepat.

“Setelah kami mematikan virus dan memberikan bantuan ekonomi kepada pekerja dan bisnis, maka kami dapat mulai membangun kembali lebih baik dari sebelumnya,” katanya.

Biden telah berjanji untuk menghabiskan triliunan dolar untuk menghidupkan kembali manufaktur AS, memperluas cakupan perawatan kesehatan, dan memerangi perubahan iklim, di antara prioritas lainnya. Tetapi prioritas utamanya tetap mengendalikan pandemi, yang melonjak ke tingkat rekor dan memaksa para pemimpin negara bagian dan lokal untuk menerapkan putaran baru pembatasan pada bisnis lokal. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home