Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 13:38 WIB | Selasa, 29 Maret 2016

Mendikbud Berharap Siswa Tertarik Sinematografi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. (Foto: Dok satuharapan.com/Antara/Sigid Kurniawan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan berharap siswa di sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA/SMK, tertarik dengan sinematografi.

Hal tersebut, dia katakan di sela-sela acara "Kelas Inspirasi Sineas (KIS) Sebagai Rangkaian Peringatan Hari Film Nasionl (HFN)" di SMK Negeri 57, Jakarta, Selasa (29/3).

"Di SMK ini nantinya akan dibuat jurusan sinematografi. Tetapi, pada saat ini tujuannya bukan datang untuk membuat jurusan, tujuannya adalah untuk anak terinspirasi dan tertarik dengan sinematografi," kata Anies.

Lebih lanjut, Anies menyatakan kelas inspirasi itu menjadi kesempatan untuk para sineas menceritakan dan berbagi, karena banyak sekali dari kita yang profesinya penuh pengalaman dan pengetahuan, namun tidak tertularkan.

"Teman-teman jurnalis juga punya pengalaman yang luar biasa banyak, berinteraksi dengan begitu banyak orang, berhadapan dengan masalah, kesulitan mencari sumber berita, dan lain-lain. Itu semua kalau diceritakan akan menjadi pelajaran yang bermanfaat untuk anak-anak kita," tuturnya.

Anies menambahkan, apabila diceritakan, akan menjadi pelajaran yang bermanfaat untuk anak-anak di sekolah. "Jadi, kami ingin pada satu sisi anak kita belajar dan punya inspirasi, namun di sisi lain mereka yang sudah berpengalaman itu berbagi, berbaginya ke mana? Berbagi ke tempat kita belajar dulu di mana dulu kita berangkat dari sekolah SD, SMP, dan SMA/SMK," ucap Anies.

Anies juga menambahkan bahwa Kelas Inspirasi Sinema (KIS) diselenggarakan pertama kali bersamaan dengan Hari Film Nasional (HFN), tetapi pihaknya menginginkan program ini jalan terus di luar rangkaian peringatan HFN.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home