Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 19:45 WIB | Jumat, 16 Desember 2022

Menengok Kehidupan Orang Kristen di Qatar

Menengok Kehidupan Orang Kristen di Qatar
Umat duduk di luar Gereja Katolik, Our Lady of the Rosary, di kompleks Religius, di Doha, Qatar, Jumat, 9 Desember 2022. (Foto-foto: AP/Thanassis Stavrakis)
Menengok Kehidupan Orang Kristen di Qatar
Umat mengikuti liturgi di Gereja Katolik, Our Lady of the Rosary, di kompleks Religius, di Doha, Qatar, Jumat, 9 Desember 2022.

DOHA, SATUHARAPAN.COM-Nyanyian pujian bergema di gereja berdinding biru yang luas. Jemaat mendengarkan pembacaan Injil dan homili. Mereka berlutut, mata tertutup dan tangan terkatup dalam doa atau telapak tangan menghadap ke langit. Mereka berbaris untuk menerima komuni sambil menyanyikan: "Tuhan, demi saya, ajari saya untuk mengambil hari demi hari."

Dalam banyak hal, kebaktian di Gereja Katolik Our Lady of the Rosary itu terasa seperti Misa Minggu biasa. Tetapi itu di sebuah gereja di Qatar, emirat kecil di kawasan Teluk yang menjadi tuan rumah Piala Dunia, dan itu berarti  ada beberapa perubahan.

Gereja dibangtun di "kompleks agama" yang menampung denominasi Kristen lainnya. Bangunannya terlihat tidak mencolok dari luar, tanpa salib di bagian luarnya. Misa Minggu dirayakan juga pada hari Jumat dan Sabtu, hari akhir pekan di negara Muslim konservatif itu.

“Ini adalah sesuatu yang sangat unik di sini, di Timur Tengah,” kata pastor paroki, Pendeta Rally Gonzaga. "Minggu kami adalah Jumat."

Dari Misa hingga pembaptisan, pernikahan, dan pengakuan dosa, gereja menyediakan jendela ke dalam kehidupan religius ekspatriat Katolik yang tinggal di Qatar. Misa ditawarkan dalam berbagai bahasa, termasuk Inggris, Arab, Konkani, Tagalog, dan Sinhala, untuk melayani umat Katolik dari India, Filipina, Sri Lanka, dan negara lain.

Sementara Qatar sekarang luar biasa penuh dengan pengunjung untuk Piala Dunia, pekerja migran sudah menjadi mayoritas dari populasi negara itu yang berjumlah sekitar tiga juta jiwa.

“Ketika saya berada di Filipina, saya hanya melayani orang Filipina. Tapi di sini, (ada) kebangsaan yang berbeda dan kemudian mereka memiliki budaya yang berbeda,” kata Gonzaga. “Saya bisa merasakan semangat gereja yang sesungguhnya, gereja universal,” katanya, menambahkan komunitas yang berbeda belajar dari satu sama lain.

Kelompok agama non Muslim yang ada di Qatar termasuk Hindu, Katolik Roma, dan Budha, dengan kelompok gereja Anglikan, Protestan, Koptik Mesir, dan lainnya, menurut laporan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat tentang kebebasan beragama internasional untuk tahun 2021.

Muslim Sunni dan Syiah serta delapan denominasi Kristen merupakan kelompok agama yang terdaftar; kelompok agama yang tidak terdaftar adalah ilegal, tetapi otoritas Qatar umumnya mengizinkan mereka untuk mempraktikkan keyakinan mereka secara pribadi, tambah laporan itu.

Kompleks yang dikenal sebagai “Kota Gereja”, terletak di tanah milik pemerintah, menyediakan ruang ibadah bagi denominasi Kristen, “dengan instruksi pemerintah yang jelas bahwa simbol Kristen seperti salib, menara, dan patung tidak diizinkan di bagian luar gedung gereja,” kata laporan itu. Gonzaga mengatakan tidak memiliki salib di luar adalah bentuk "rasa hormat" terhadap negara dan rakyatnya.

Seperti negara-negara Teluk lainnya, Qatar telah menghadapi kritik, terutama menjelang Piala Dunia, karena penggunaan pekerja migran bergaji rendah untuk membangun dan mendukung gedung pencakar langit, jalan, dan proyek lain di tengah kekhawatiran akan hak-hak mereka.

Pihak berwenang Qatar mengatakan mereka telah mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki kondisi tenaga kerja. Kelompok-kelompok hak asasi manusia, sambil memuji Qatar dengan reformasi, menyerukan lebih banyak hal yang harus dilakukan.

Kebutuhan para pekerja migran yang meninggalkan istri dan anak untuk bekerja dalam waktu lama di Qatar dan negara-negara Teluk lainnya mengkondisikan sebagian besar reksa pastoral yang disediakan Gereja Katolik di wilayah itu.

Selama kunjungan ke Bahrain bulan lalu, Paus Fransiskus menyesalkan bahwa banyak tenaga kerja yang “tidak manusiawi” dan mendorong promosi persamaan hak bagi pekerja. Anggota jemaat dari Arab Saudi, Kuwait, dan negara-negara Teluk lainnya memadati stadion nasional Bahrain untuk Misa besar Fransiskus.

Paus menyampaikan pesan serupa pada tahun 2019 di Abu Dhabi di mana dia juga menyerukan akses kewarganegaraan yang lebih besar bagi penduduk yang berbeda keyakinan.

Gonzaga menggambarkan kehidupan religius di dalam kompleks gereja di Qatar yang mencakup Misa, perayaan Natal dan kelas katekisasi di mana anak-anak diajarkan dasar-dasar iman mulai dari doa hingga tanda salib.

“Banyak orang mengira tidak ada gereja Kristen di sini,” kata Gonzaga di kantornya yang dikelilingi patung Bunda Maria, salib, dan ilustrasi sakramen. “Itulah mengapa mereka terkejut ketika melihat ... bahwa kami dapat melakukan semua yang kami lakukan di dalam kompleks gereja.”

Pohon Natal yang baru didirikan tepat di luar gedung gereja menjulang di atas pengunjung gereja yang menunggu untuk berfoto dengannya.

Pendeta lain, Pendeta Albert, mengatakan ada beberapa perbedaan dalam menandai Natal di sini dari yang biasa dia lakukan di India. “Di sana kita bisa ikut nyanyi-nyanyi di jalanan dan kita bisa door to door dan kita bisa mengekspresikan kegembiraan kita,” katanya. “Tapi, di sini, itu tidak mungkin. ... Kami menghormati perasaan agama lain.”

Nyanyian lagu dan perayaan lainnya berlangsung di dalam kompleks, tambahnya.

Hukum Qatar membatasi ibadah umum untuk agama non Islam dan adalah kejahatan menyebarkan agama atas nama organisasi, masyarakat, atau yayasan agama apa pun selain Islam, kata laporan Departemen Luar Negeri.

Di luar kompleks, para imam mengunjungi narapidana Kristen dan pergi ke rumah sakit untuk menanggapi permintaan Komuni, pengakuan atau pengurapan orang sakit.

“Saya pergi ke sana mengenakan ini,” kata Gonzaga, menunjuk ke jubah Fransiskan, seraya menambahkan bahwa dia merasa diterima dan dihormati. "Saya tidak menemukan masalah," katanya.

Beberapa umat Katolik yang tinggal jauh dari kompleks ingin melihat gereja baru di bagian lain negara itu, kata Gonzaga. Itu mungkin membantu umat Katolik seperti Christopher Battad. Dia dulu bekerja di daerah yang jauh dari kompleks dan tidak bisa rutin pergi ke gereja, yang membuatnya merasa bersalah.

“Saya hanya merasa ada sesuatu yang kurang di hati saya,” katanya. Tetap saja, dia akan berdoa, menggunakan rosario dan terkadang menonton layanan online yang disiarkan dari Filipina, tempat asalnya. Sekarang, dia tinggal lebih dekat dengan gereja.

Riya Sebastian, yang pindah ke Qatar dari India, berkata bahwa dia menemukan penghiburan dan kegembiraan di gereja. “Ini memberi lebih banyak kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup saya,” katanya. “Natal akan datang dan ketika ini sedang terjadi, kita harus ... memperindah hati kita untuk menerima Yesus Kristus kita.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home