Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Reporter Satuharapan 13:56 WIB | Selasa, 17 September 2019

Mengenal Udang Cantik Satwa Endemik Sulawesi

Udang harlequin Caridina woltereckae, satwa endemik cantik dari Danau Towuti, Sulawesi Selatan, yang masuk dalam daftar spesies kritis yang terancam punah. (lipi.go.id)

CIBINONG, SATUHARAPAN.COM – Sulawesi mempunyai udang endemik yang masuk ke dalam daftar spesies kritis yang terancam punah. Salah satu di antaranya adalah spesies udang harlequin Caridina woltereckae.

“Perpaduan coraknya yang cantik dengan dominasi merah marun dan putih menjadikan spesies ini  banyak diburu oleh para pedagang ikan hias,” Daisy Wowor, peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI mengungkapkan, seperti dilansir situs lipi.go.id.

Daisy menemukan spesies udang endemik Danau Towuti, Sulawesi Selatan ini pada tahun 2009. “Caridina adalah nama genus sedangkan nama spesies woltereckae adalah penghormatan untuk  jasa peneliti udang-udangan, Eva Woltereck,” Daisy menjelaskan.

Ia juga menemukan beberapa jenis udang hias lain seperti Caridina mahalona di kompleks Danau  Malili, Sulawesi Selatan, dan Caridina longidigita di Danau Poso, Sulawesi Tengah, “Danau Towuti merupakan danau purba yang terbentuk akibat proses tektonik yang bersifat oligotrofik. Karakter danau oligotrofik yang memiliki air jernih, miskin zat hara, namun kandungan oksigen memadai menjadi ekosistem yang tepat untuk beberapa spesies flora dan fauna endemik.”

International Union for Conservation of Nature (IUCN) telah memasukkan Caridina woltereckae  ke dalam daftar merah spesies terancam punah. “Selain faktor manusia, banyaknya ikan invasif  yang ada dan memburuknya kualitas habitat danau semakin memperparah kondisi keberadaan udang hias endemik ini,” kata Daisy.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) selaku otoritas ilmiah pemberian data dan timbangan ilmiah konservasi keanekaragaman hayati menjadikan Caridina woltereckae sebagai salah satu ikon seri perangko satwa Nusantara dalam rangka peringatan 125 tahun Museum Zoologi Bogor.

Bersama dengan instansi terkait seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehuatanan serta Kementerian Kelautan dan Perikanan, LIPI terus berupaya menjaga keberlangsungan keanekaragaman hayati dari kepunahan.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home