Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:59 WIB | Minggu, 11 September 2022

Menghormati Ratu Eliszabeth II, Beberapa Kegiatan Olah Raga di Inggis Dihentikan Sementara

Sejumlah peristiwa mengikuti perkembangan terbaru di Inggris terkait kematian ratu Elizabeth II.
Ratu Elizabeth II. (Foto: dok. AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Berbagai kegiatan olah raga di Inggris dan negara lain dihentikan untuk menghormati Ratu Elizabeth II. Termasuk mengenakan ban lengan hitam oleh pemain kriket dari Inggris dan Afrika Selatan mengheningkan cipta selama satu menit sebelum bel dibunyikan sekali oleh seorang anggota militer berpangkat tinggi di Oval.

Di sebelah barat London, pegolf dari seluruh dunia menghentikan putaran mereka dan pemain pro, ofisial, dan kedi lainnya berkumpul di putting green di depan tee pertama di Wentworth untuk mengheningkan cipta selama dua menit, juga dilakukan dengan sempurna.

Ada penghormatan yang mengharukan dan hormat kepada Ratu Elizabeth II pada hari Sabtu (10/9) ketika olah raga dilanjutkan di Inggris setelah penutupan nasional pada hari Jumat sebagai tanda penghormatan kepada ratu yang meninggal pada usia 96 pada hari Kamis.

Sepak bola profesional dan akar rumput, termasuk Liga Premier, memutuskan untuk membatalkan semua pertandingan akhir pekan ini untuk memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berduka atas meninggalnya sang ratu.

Kriket dan golf internasional kembali, seperti halnya rugby domestik Inggris, di belakang panduan dari pemerintah yang menyatakan tidak ada kewajiban bagi organisasi olah raga untuk membatalkan atau menjadwal ulang acara selama masa berkabung negara.

Perkembangan Lain Terkait Meninggalnya Ratu Elizabeth:

PANGERAN HARRY DAN MEGHAN-Pangeran Harry dan istrinya, Meghan, Duchess of Sussex, telah bergabung dengan Pangeran William dan istrinya Kate di Kastil Windsor untuk melihat bunga yang ditinggalkan oleh publik untuk menghormati Ratu Elizabeth II.

Kedua pangeran dan istri mereka meluangkan waktu untuk mempelajari karangan bunga sebelum melambai pada kerumunan simpatisan yag mendesak penghalang jalan di luar gerbang Kastil Windsor pada hari Sabtu.

William dan Kate terlihat berjabat tangan dan berbicara dengan anggota masyarakat. Itu adalah penampilan publik pertama kedua pasangan itu sejak ratu meninggal pada hari Kamis.

HARI PEMAKAMAN-Pejabat istana mengatakan pemakaman kenegaraan untuk Ratu Elizabeth II akan berlangsung pada 19 September di Westminster Abbey di London setelah masyarakat mendapat kesempatan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada ratu.

Ratu Elizabeth, penguasa terlama di negara itu, meninggal Kamis ketika retret musim panasnya di Dataran Tinggi Skotlandia.

Rincian tentang pemakaman ratu berusia 96 tahun akan dirilis kemudian, tetapi penyelenggara pada hari Sabtu menggambarkan upacara tersebut sebagai "perpisahan yang pas untuk salah satu tokoh penting di zaman kita."

Pejabat istana mengatakan akan ada kesempatan untuk melihat peti mati mendiang penguasa ek saat melakukan perjalanan dari Kastil Balmoral di Skotlandia ke Edinburgh dan lagi di London, di mana tubuhnya akan disemayamkan selama empat hari mulai Rabu.

PERNYATAAN  PANGERAN WILLIAM-Pangeran William telah membuat pernyataan pertamanya tentang kematian Ratu Elizabeth II, dengan mengatakan "akan membutuhkan waktu sebelum kenyataan hidup tanpa Nenek benar-benar terasa nyata."

William, yang sekarang menjadi pewaris takhta di belakang ayahnya, Raja Charles III, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (10/9) bahwa ratu “berada di sisi saya pada saat-saat paling bahagia saya. Dan dia berada di sisiku selama hari-hari paling menyedihkan dalam hidupku.”

William, Pangeran Wales, mengatakan mendiang ratu memberikan “contoh pelayanan dan martabat dalam kehidupan publik yang berasal dari zaman yang berbeda, tetapi selalu relevan bagi kita semua.”

PROKLAMASI RAJA CHARLES III DI KANADA-Raja Charles III telah secara resmi diumumkan sebagai raja Kanada pada hari Sabtu dalam sebuah upacara di Ottawa.

Charles secara otomatis menjadi raja ketika Ratu Elizabeth II meninggal pada hari Kamis. Tapi seperti upacara di Inggris beberapa jam sebelumnya, upacara aksesi hari Sabtu di Kanada adalah langkah konstitusional dan seremonial kunci dalam memperkenalkan raja baru ke negara itu.

Charles sekarang adalah kepala negara di Kanada, anggota Persemakmuran Inggris dari bekas jajahan.

Meskipun orang Kanada agak acuh tak acuh terhadap monarki, banyak yang sangat menyayangi mendiang Ratu Elizabeth II, yang siluetnya menandai koin mereka.

Secara keseluruhan, gerakan anti kerajaan di Kanada sangat kecil, artinya Charles hampir pasti akan tetap menjadi raja Kanada. Salah satu alasannya adalah bahwa menghapuskan monarki berarti mengubah konstitusi. Itu adalah usaha yang secara inheren berisiko, mengingat betapa halusnya hal itu direkayasa untuk menyatukan negara berpenduduk 37 juta jiwa itu, dengan penduduk penutur bahasa Inggris, penutur bahasa Prancis, suku Pribumi dan arus imigran baru yang konstan.

BALMORAL CASTLE-Anggota keluarga kerajaan telah berhenti untuk menikmati lautan bunga yang ditinggalkan oleh publik di luar gerbang Kastil Balmoral di Skotlandia setelah menghadiri kebaktian di dekatnya.

Tiga anak bungsu Ratu Elizabeth II: Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward, serta keluarga mereka menyambut kerumunan orang yang berkumpul pada hari Sabtu untuk berbaris di luar kastil.

Putri Eugenie, putri Andrew, terlihat meletakkan seikat bunga, sementara anggota keluarga lainnya meluangkan waktu untuk membacakan banyak penghormatan kepada ratu.

Penghormatan itu datang dua hari setelah kematian Ratu Elizabeth II dan pada hari yang sama ketika putra sulungnya Raja Charles III secara resmi dinyatakan sebagai raja Inggris.

SUMPAH SETIA PADA RAJA-Perdana Menteri Liz Truss dan anggota senior pemerintahannya telah mengambil sumpah setia kepada Raja Charles III di House of Commons.

Ketua House of Commons, Lindsay Hoyle, adalah orang pertama yang berjanji bahwa dia akan "mempertahankan kesetiaan sejati kepada Yang Mulia Raja Charles, ahli waris dan penerusnya," diikuti oleh anggota parlemen terlama dan perdana menteri.

Semua anggota parlemen berjanji setia kepada raja setelah mereka terpilih. Membuat sumpah baru ketika raja berganti bukanlah persyaratan hukum, tetapi semua 650 anggota parlemen akan memiliki kesempatan untuk melakukan kembali sumpah dalam beberapa hari mendatang jika mereka mau.

Urusan parlementer normal telah ditangguhkan selama masa berkabung untuk ratu. House of Commons mengadakan sidang hari Sabtu yang langka sehingga anggota parlemen dapat memberikan penghormatan kepada mendiang ratu.

PENGUMUMAN RAJA CHARLES III-Seorang pejabat kerajaan secara terbuka mengumumkan Raja Charles III sebagai raja baru Inggris dalam sebuah upacara di Istana St. James.

David White, Garter King of Arms, membacakan proklamasi dari sebuah balkon di kediaman kerajaan London yang diapit oleh para pemain terompet dengan jubah berhias emas.

Salut senjata terdengar di Hyde Park, di Menara London dan di lokasi militer di sekitar Inggris saat proklamasi dibuat.

Prajurit berjubah merah di halaman istana menyerahkan senjata dan melepas topi kulit beruang mereka sebagai penghormatan kerajaan.

HARI LIBUR UMUM-Raja Charles III telah menyatakan bahwa hari pemakaman ibunya akan menjadi hari libur umum. Charles menyetujui keputusan itu selama upacara aksesi resminya pada hari Sabtu.

Tanggal pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II belum diumumkan tetapi diperkirakan sekitar 19 September.

Ini akan menjadi hari libur umum tambahan kedua bagi warga Inggris tahun ini, hari libur diumumkan pada awal Juni untuk perayaan untuk menandai ulang tahun platinum Elizabeth, selama 70 tahun di atas takhta.

PERTAMA KALI DISIARKAN SECARA LANGSUNG-Raja Charles III telah secara resmi diumumkan sebagai raja Inggris pada hari Sabtu (10/9), dalam sebuah upacara yang sarat dengan tradisi kuno dan simbolisme politik, dan, untuk pertama kalinya, disiarkan secara langsung.

Charles secara otomatis menjadi raja ketika ibunya, Ratu Elizabeth II, meninggal pada hari Kamis, tetapi upacara aksesi hari Sabtu adalah langkah konstitusional dan seremonial utama dalam memperkenalkan raja baru ke negara itu.

Upacara di Istana St. James, kediaman kerajaan di London, dihadiri oleh Dewan Aksesi, yang terdiri dari politisi senior dan pejabat yang memberi nasihat kepada raja. Mereka bertemu tanpa Charles, yang secara resmi mengukuhkan gelarnya, Raja Charles III. Raja kemudian akan bergabung dengan mereka untuk membuat serangkaian sumpah dan deklarasi.

Ini adalah pertama kalinya upacara diadakan sejak 1952, ketika Ratu Elizabeth II naik takhta. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home