Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 00:05 WIB | Minggu, 01 Januari 2023

Menhan Rusia: Kemenangan Atas Ukraina Tak Terelakkan

Pasukan cadangan Rusia yang direkrut selama mobilisasi menghadiri upacara sebelum berangkat ke zona konflik Rusia-Ukraina, di wilayah Rostov, Rusia, pada 31 Oktober 2022. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, mengatakan kemenangan Rusia atas Ukraina “tak terelakkan” saat dia memuji kepahlawanan tentara Rusia dalam pesan video Tahun Baru.

Kepala pertahanan Moskow, yang telah banyak dikritik oleh suara-suara pro perang di Rusia karena kegagalan medan perang selama serangan 10 bulan, mengatakan situasi di garis depan tetap "sulit" dan mencerca Ukraina dan Barat karena mencoba menghalangiRusia.

“Kami menyambut Tahun Baru dalam situasi politik-militer yang sulit,” kata Shoigu. "Pada saat ada orang yang mencoba menghapus sejarah gemilang dan pencapaian besar kita, menghancurkan monumen pemenang atas fasisme, menempatkan penjahat perang di atas tumpuan, membatalkan dan menodai segala sesuatu yang berbau Rusia."

Dengan pertempuran berdarah yang sedang berlangsung di garis depan 1.000 kilometer (600 mil), dan Rusia tidak mendapatkan keuntungan teritorial apa pun sejak bulan-bulan pertama perang, Shoigu memberi tahu tentara Rusia: "Kemenangan, seperti Tahun Baru, tidak bisa dihindari."

Shoigu juga memuji "tindakan abadi, keberanian tanpa pamrih, dan kepahlawanan" yang ditunjukkan oleh pasukan Rusia yang memerangi apa yang disebutnya "neo Nazisme dan terorisme".

Kiev dan Barat telah menolak pernyataan Rusia bahwa pihaknya memerangi "Nazi" di Ukraina sebagai dalih tak berdasar atas upaya Presiden Vladimir Putin untuk merebut wilayah dan menggulingkan Volodymyr Zelenskyy dalam perang agresi yang tidak beralasan.

Moskow mengharapkan kemenangan cepat dalam apa yang disebutnya sebagai "operasi militer khusus", tetapi semangat perlawanan Ukraina dan miliaran dolar senjata Barat telah membantu Kiev mengubah gelombang perang dan melakukan serangkaian serangan balasan yang menakjubkan.

Ukraina kini telah merebut kembali lebih dari setengah wilayah yang direbut oleh Rusia selama beberapa pekan pertama invasinya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home