Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 15:49 WIB | Rabu, 05 Juni 2013

Menjelajah Pulau Merah Banyuwangi dari Ketinggian

Menjelajah Pulau Merah Banyuwangi dari Ketinggian
Keindahan pemandangan laut sekitar selat Bali yang membiru terlihat jelas dari ketinggian. (Foto-fotö: Didit Majalolo)
Menjelajah Pulau Merah Banyuwangi dari Ketinggian
Pantai Red Island atau Pulau Merah dengan alam yang masih sangat bersahabat.
Menjelajah Pulau Merah Banyuwangi dari Ketinggian
Mesin paramotor yang digunakan untuk menjelajah Banyuwangi dari ketinggian.
Menjelajah Pulau Merah Banyuwangi dari Ketinggian
Salah satu bukit yang menjulang di tengah pantai Pulau Merah, Banyuwangi.

BANYUWANGI, SATUHARAPAN.COM - Perjalanan saya kali ini adalah mengunjungi sebuah daerah di Jawa Timur yaitu Banyuwangi. Perjalanan ini terwujud juga karena saya ingin bertemu dengan seorang sahabat yang juga merupakan atlet selancar Indonesia bernama Piping. Ia berada di Banyuwangi untuk  sebuah acara kompetisi Surfing International yang bertajuk "Red Island International Surf Competition".

Setelah kami sering cerita dengan segala macam aktivitas, saya persiapkan diri untuk berangkat dari Jakarta dan ikut memeriahkan kegiatan tersebut dengan melakukan penerbangan dengan paramotor.

Saya sangat bersemangat melakukan persiapan keberangkatan ini, rencana saya adalah selain menikmati alam pulau merah saya juga akan menambah koleksi foto udara, dan sekaligus juga dapat memberikan refrensi baru lokasi untuk menikmati kegiatan paramotor.

Pantai Pulau Merah adalah salah satu lokasi wisata di kawasan pantai selatan yang masih alami. Disepanjang pantai ada sabuk hijau yang melingkar menjadi pengaman wilayah ini dari musibah Tsunami yang pernah terjadi pada tahun 1993. Dahsyatnya musibah tsunami itu nyaris melenyapkan keindahan pantai ini, namun sekarang keindahan pantai pulau merah kembali pulih dengan ciri khasnya yang menawan.

Pulau Merah adalah sebuah pulau berbentuk bukit kecil dekat pantai dengan pantai berpasir putih sepanjang kurang lebih 3 km.Pantai Pulau Merah terletak sekitar 60 kilometer dari Kota Banyuwangi ke arah selatan. Perjalanan yang membutuhkan waktu dua setengah jam. Sebagian kawasan pantai Pulau Merah berada di kaki Gunung Tumpang Pitu, yang menjulang ratusan meter, yang juga merupakan kawasan hutan lindung.

Pantai Pulau Merah juga memiliki ombak yang bagus untuk surfing, Kelebihan itu pada ombaknya yang bisa menjadi tujuan peselancar pemula, amatir dan profesional dengan ketingian rata-rata dua meter. Berbeda dengan Pantai Plengkung atau G-Land yang hanya bisa dinikmati oleh para peselancar profesional.

Pantai Pulau Merah yang berada dalam wilayah Kecamatan Pesanggaran termasuk bagian dari rangkaian pantai di selatan Jawa Timur. Dari Banyuwangi, tempat wisata ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam menggunakan kendaraan roda empat atau sepeda motor. Dari segi akses, pantai yang terletak 80 kilometer arah selatan kota Banyuwangi itu, lebih mudah dijangkau oleh masyarakat dengan kondisi jalan yang mulus. Obyek wisata di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran tersebut juga dekat dengan permukiman warga.

Selain dapat dinikmati dengan kegiatan surfing, saya juga mencoba terbang dengan paramotor untuk pertama kalinya disana, dengan kondisi angin yang sangat ideal penerbangan paramotor saya dipulau merah tidak mengalami kendala apapun juga, hari itu kondisi cuaca sangat bersahabat dan angin berhembus dari laut sangat ideal, sensasi menikmati keindahan pulau merah dari udara memang sesuatu yang sulit untuk diungkapkan karena bentangan alam yang masih alami dan tampak sekali laut biru membentang luas.

Terbang sambil melihat sejumlah surfer nasional dan internasional berkompetisi menikmati ombak sesuatu yang menarik, karena tampak jelas sekali mereka seperti menari di atas ombak, begitupun saya dengan mengucap syukur pada Tuhan dapat menikmati indahnya pemandangan dari sisi lain.

Potensi ini dapat menjadikan wilayah pulau merah adalah tujuan wisata baru untuk dunia penerbangan Paramotor, ditunjang lagi dengan sarana transportasi yang memadai baik itu dari udara atau darat, untuk menjangkaunya sangat mudah lewat udara penerbangan setiap hari dari surabaya, keuntungan lainnya adalah wilayah ini langsung berbatasan dengan Bali yang merupakan ikon wisata Indonesia didunia.

Oleh : Didit Majalolo

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home