Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 18:35 WIB | Rabu, 25 Januari 2017

Menkes Ajak Masyarakat Konsumsi Buah Sayur Lokal

Ilustrasi. Presiden Joko Widodo bersama dengan anak-anak yang mengenakan busana dari berbagai daerah di Indonesia menyempatkan untuk mencicipi dan merasakan sendiri buah unggulan Indonesia pada acara “Fruit Indonesia 2016” di Senayan, Jakarta, hari Kamis (17/11/2016). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek, mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan kesehatannya salah satunya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur terutama produksi lokal.

"Saya ajak masyarakat mengonsumsi beragam sayuran dan buah Nusantara yang banyak tersedia di daerah," kata Nila di acara peringatan hari Gizi Nasional (HGN) 2017 di Jakarta, hari Rabu (25/1).

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menyebutkan banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengonsumsi buah dan sayur. Riset tersebut menunjukkan 93,5 persen penduduk usia lebih dari 10 tahun mengonsumsi sayur dan buah di bawah anjuran.

Padahal, kata dia, konsumsi buah dan sayur merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang.

Dia mengatakan, konsumsi buah dan sayur merupakan hal penting bagi masyarakat guna menaikkan taraf kesehatannya. Dua jenis pangan tersebut memiliki gizi seimbang seperti vitamin, mineral dan serat pangan.

Sebagian vitamin dan mineral dalam buah dan sayur, kata dia, berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh.

Sementara dalam buah, lanjut dia, memiliki kandungan karbohidrat berupa fruktosa dan glukosa. Kandungan dalam buah dan sayur tersebut baru sebagian saja dan sejatinya sangat bervariasi dan sangat dibutuhkan tubuh. (Ant)

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home