Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 18:41 WIB | Jumat, 15 Juli 2022

Menkeu G20 Bahas Dampak Ekonomi Invasi Rusia ke Ukraina dan Inflasi

Menkeu G20 Bahas Dampak Ekonomi Invasi Rusia ke Ukraina dan Inflasi
Anggota delegasi mendengarkan saat Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani, menyampaikan pidatonya pada Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, Jumat, 15 Juli 2022. (Foto: Sonny Tumbelaka/pool via AP)
Menkeu G20 Bahas Dampak Ekonomi Invasi Rusia ke Ukraina dan Inflasi
Direktur Departemen Stabilitas Keuangan Bank Rusia, Elizaveta Danilova, kiri, dan Wakil Menteri Keuangan Rusia Timur, Maksimov, kanan, menghadiri Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, Jumat, 15 Juli 2022. (Foto: Made Nagi/pool via AP)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM-Pejabat tinggi keuangan dari negara-negara Kelompok 20 (G20), negara kaya dan berkembang terkemuka, bertemu di Bali pada hari Jumat (15/7) mencari strategi untuk melawan dampak ekonomi dari Invasi Rusia di Ukraina, inflasi dan krisis global lainnya.

Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, membuka pertemuan dua hari dengan mendesak sesama menteri keuangan, kepala bank sentral dan pemimpin lainnya untuk menemukan cara untuk “membangun jembatan, bukan tembok.” Dia mengatakan konsekuensi dari kegagalan, terutama bagi negara-negara yang kurang kaya, akan menjadi “bencana”.

“Jutaan dan jutaan jika bukan miliaran orang bergantung pada kita,” kata Sri Mulyani Indrawati. Pertemuan di Nusa Dua, Bali itu mengikuti pertemuan para menteri luar negeri di sana awal bulan ini yang gagal menemukan titik temu atas Invasi Rusia di Ukraina dan dampak globalnya.

Pertemuan keuangan G-20 di Washington, DC pada bulan April diwarnai pejabat dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Kanada dan Ukraina berjalan keluar untuk memprotes kehadiran utusan Rusia. Pertemuan itu berakhir tanpa keluarnya pernyataan bersama.

Namun, pertemuan keuangan G-20 memiliki keuntungan karena sifatnya yang kurang politis, kata Indrawati. Indonesia, sebagai tuan rumah, telah mencoba untuk bertindak sebagai “perantara yang jujur,” katanya, menyatukan Timur dan Barat yang terbagi dalam G-20, perpecahan yang semakin tajam sejak Rusia menginvasi Ukraina pada akhir Februari.

Tidak ada “buku pedoman” tentang bagaimana menemukan kesepakatan mengingat ketegangan perang yang belum pernah terjadi sebelumnya, kata Indrawati.

Isu Pembatasan Harga Minyak Rusia

Para pemimpin keuangan sedang mencari cara untuk mengoordinasikan bagaimana mereka “menggembalakan” ekonomi mereka melewati inflasi yang berjalan pada level tertinggi dalam 40 tahun, membuka rantai pasokan dan kemacetan akibat pandemi virus corona dan memperkuat risiko terhadap sistem keuangan di masa depan.

G-20 berhasil menjembatani perbedaan dalam menghadapi krisis keuangan global 2008 dan pandemi, kata Indrawati. "Tindakan yang kita ambil akan memiliki efek yang sangat penting bagi dunia," katanya.

Namun salah satu tujuan utama Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, dan beberapa pejabat keuangan Barat lainnya adalah mendapatkan kesepakatan untuk menetapkan batas harga minyak Rusia yang mungkin membantu mengendalikan biaya energi dan mengurangi inflasi tinggi selama beberapa dekade yang terlihat di banyak negara, sambil juga membatasi akses Moskow pada pendapatan untuk mendanai upaya perangnya.

“Pembatasan harga minyak Rusia adalah salah satu alat kami yang paling ampuh untuk mengatasi rasa sakit yang dirasakan orang Amerika dan keluarga di seluruh dunia di pompa bensin dan toko kelontong saat ini, batasan harga minyak Rusia,” kata Yellen di briefing berita Kamis (14/7) di Bali yang ditayangkan secara online.

Yellen mengatakan belum ada harga yang ditentukan untuk batasan seperti itu, tetapi levelnya harus “yang jelas memberi Rusia insentif untuk terus berproduksi, yang akan membuat produksi menguntungkan bagi Rusia.”

Dia mengatakan dia “berharap” bahwa negara-negara seperti China dan India yang baru-baru ini meningkatkan impor minyak mentah Rusia, yang dijual dengan diskon besar-besaran, akan melihatnya sebagai kepentingan mereka sendiri untuk mengamati batas harga.

Tanpa batas harga, Uni Eropa dan mungkin larangan AS dalam menyediakan asuransi dan layanan keuangan lainnya akan berlaku. “Jadi, kami mengusulkan pengecualian yang akan memungkinkan Rusia untuk mengekspor selama harganya tidak melebihi tingkat yang belum ditentukan,” kata Yellen.

Yellen tidak mengatakan apakah dia akan keluar dari pertemuan tertutup pada hari Jumat selama pidato perwakilan Rusia untuk pembicaraan tersebut. Tetapi dia mengatakan itu tidak bisa menjadi “bisnis seperti biasa sehubungan dengan partisipasi Rusia pada pertemuan-pertemuan ini.”

Pertemuan Menlu G20

Pada pertemuan pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, dan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, hadir di ruangan yang sama pada waktu yang sama untuk pertama kalinya sejak perang Ukraina dimulai tetapi mereka dengan tegas mengabaikan satu sama lain.

Lavrov keluar dari persidangan setidaknya dua kali: sekali ketika mitranya dari Jerman Annalena Baerbock berbicara pada sesi pembukaan dan sekali lagi tepat sebelum Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba berbicara melalui video pada sesi kedua, menurut seorang diplomat Barat yang hadir.

Terjebak sebagai tuan rumah, Indonesia telah mendesak para pejabat dari semua pihak untuk mengatasi ketidakpercayaan demi sebuah planet yang menghadapi berbagai tantangan mulai dari virus corona hingga perubahan iklim hingga Ukraina.

Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang menghadapi kelangkaan dan kenaikan harga bahan bakar dan biji-bijian akibat perang dan dikatakan bahwa G-20 memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan dan memastikan tatanan global berbasis aturan tetap relevan.(AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home